Selasa, 29 September 20

Fadli Zon: Tak Perlu Reformasi Hukum, yang Penting Implementasinya

Fadli Zon: Tak Perlu Reformasi Hukum, yang Penting Implementasinya
* Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

Jakarta. Obsessionnews.com – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak perlu mengeluarkan mengeluarkan paket reformasi hukum. Yang dibutuhkan, kata dia, Jokowi cukup mengawasi dan memastikan penegakan hukum berjalan dengan benar dan adil.

“Reformasi hukum apa yang mau dijalankan? Hukumnya sudah jelas kok. Tinggal diimplementasikan, hukum ditegakkan seadil-adilnya, penegak hukum bekerja secara profesional, objektif, disiplin. Saya kira tak perlu ada reformasi hukum,” ujar Fadli di DPR, Kamis (13/10/2016).

Fadli mengaku belum bisa memahami apa yang direformasi hukum yang akan dikeluarkan oleh Presiden Jokowi. Menurutnya, persoalan yang harus dibenahi adalah prilaku penegak hukum yang moralnya buruk, gampang disuap dan tajam ke bawah. ‎

“Bukan pada paket-paket itu, paket ini, tak jelas paket-paket apa. Kalau target reformasi hukum, hukumnya sudah ada, jelas, yang direformasi apanya? Apakah normanya, aparatnya atau apa. Ini banyak ketidakjelasan. Membuat sesuatu yang seolah-olah baru, padahal sudah ada,” katanya menambahkan.

Politisi Gerindra ini melihat Indonesia sebagai negara hukum dan hukum sebagai panglima baru sebatas teori. ‎Kenyataannya, hukum selalu menjadi alat kekuasaan sehingga tumpul ke atas dan tajam ke bawah.

“Itu masalahnya. Jadi tak perlu ada reformasi-reformasian,” ujarnya menegaskan.

Sebelumnya, paket reformasi hukum akan diumumkan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto. Paket itu akan menyasar perbaikan terhadap sistem di penegakan hingga budaya hukum tersebut. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.