Senin, 18 Oktober 21

Fadli Zon Luncurkan Buku Keris Minangkabau

Fadli Zon Luncurkan Buku Keris Minangkabau

Padang Panjang, Obsessionnews – Wakil Ketua DPR-RI Fadli Zon meluncurkan buku Keris Minangkabau. Peluncuran buku yang bertempat di Rumah Budaya Fadi Zon Nagari Aie Angek, Kabupaten Tanah Datar, ditandai dengan pembukaan selubung oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Farouq Muhammad dan disaksikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Nasrul Abit.

Buku yang dibandrol seharga Rp400.000 itu ditulis Basuki Teguh Yuwono dan Fadli Zon sebagai salah satu upaya untuk mengangkat kembali budaya Minangkabau. Fadli Zon mengatakan, kajian buku setebal lebih dari 500 halaman itu menitikberatkan kepada kekhasan keris Minangkabau

“Keris Minangkabau ini mempunyai beberapa perbedaan, keunikan yang agak membedakan dengan keris-keris lain, seperti di Jawa, Bugis dan Bali. Jadi, itulah yang dikaji dalam buku ini,” kata Fadli Zon.

peluncuran buku Fadli-

Sejak tahun 90 an Fadli Zon mengoleksi keris Minangkabau, menemukan bahwa, budaya keris Minangkabau menunjukkan pencapaian teknologi seni tempa logam yang tinggi, selain itu keris Minangkabau memiliki corak dan gaya yang unik yang menunjukkan identitas adat budaya.

Ciri yang menandai keris Minangkabau senantiasa bersandar pada sugesti alam dan aktivitas hidup. Keris dibuat dari bahan-bahan pilihan yang syarat makna simbolis.

“Keris mencerminkan simbol kejantanan, rasa tanggung jwab, kedewasaan dan keberanian, sehingga orang tua senantiasa memberikan keris kepada putranya menjelang kitan,” sebut Fadli Zon.

Dalam kesempatan yang sama, Wagub Sumbar Nasrul Abit mengapresiasi peluncuran buku tersebut. Buku dimaksud dapat menambah khazanah budaya daerah khususnya Minangkabau yang perlahan mulai dilupakan masyarakatnya. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.