Sabtu, 28 Mei 22

Fadli Zon: Kebiasan Buruk Ganti Menteri Ganti Kebijakan

Fadli Zon: Kebiasan Buruk Ganti Menteri Ganti Kebijakan

Jakarta, Obsessionnews.com – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyayangkan dengan wacana yang dilontarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang ingin menerapkan full day school.

Menurutnya, ini adalah kebiasaan lama dimana sering kali setiap ganti menteri selalu ganti kebijakan. Padahal, belum tentu kebijakan itu baik, justru tambah buruk.

“ang perlu kita cermati, jangan sampai ganti menteri ganti kebijakan. Ini adagium lama tapi masih terjadi,” ‎ ujar Fadli di DPR, Kamis (11/8/2016).

Politisi Partai Gerindra ini menuturkan, dalam dunia pendidikan murid bukan dijadikan kelinci percobaan yang selalu dipaksa untuk mengikuti kebijakan para menteri.

“Jadi harus dikaji dengan matang dulu sebaiknya seperti apa. Baru kemudian diuji coba dan dibikin percontohannya dulu. Karena ini tidak mudah secara filosofis dan teknis,” tuturnya.

Menurut Fadli, perlu ada kajian mendalam sebelum menelurkan sebuah kebijakan. Sebab, gagasan yang disampaikan Mendikbud menyangkut kesiapan siswa, orangtua, guru, dan infrastruktur sekolah serta perangkat kurikulum. Dampaknya, kebijakan ini akan mengubah gaya hidup.

‎”Ide ini harus dikaji secara mendalam, cermat, dampaknya seperti apa, kemudian baru disimulasikan. Jangan ada ide, diterapkan kemudian dikoreksi lagi. Namanya tidak ada perencanaan matang,”jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.