Senin, 27 Juni 22

F-PKS: Kemdikbud Tak Punya Nyali Lagi Bahas Kurikulum 2013

F-PKS: Kemdikbud Tak Punya Nyali  Lagi Bahas Kurikulum 2013

A.Rapiudin
Jakarta– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dinilai tidak punya nyali lagi untuk membahas persiapan Kurikulum 2013 pasca carut-marut Ujian Nasional (UN) beberapa waktu lalu. Kemdikbud juga diminta jujur  dan terbuka dengan kemampuan korpsnya.

“Di masa reses ini sedianya kami akan merampungkan pembahasan anggaran kurikulum, tapi tidak terlaksana sampai sekarang. Kalau sudah begini bagaimana DPR bisa percaya terhadap persiapan Kurikulum 2013 yang dilaporkan Kemdikbud, apalagi pelaksanaan UN yang rutin tiap tahun saja berantakan,” tegas anggota Komisi X DPR Herlini Amran di Jakarta, Rabu (8/5).

Menurut anggota Fraksi PKS DPR ini, jika pembahasan Kurikum 2013 dilanjutkan pada masa sidang nanti, ada beberapa hal yang dikritisi. Di antaranya, revisi anggaran Kurikulum 2013 yang harus taat aturan dan efisien, dan membongkar lagi persiapan impelementasinya menyangkut pengadaan buku dan pelatihan guru agar tidak bernasib seperti UN tahun  ini.

“Perlu diketahui bahwa semua anggota Komisi X setuju terhadap pentingnya pengembangan kurikulum pendidikan nasional, termasuk fraksi PKS. Tetapi, bukan berarti harus dilaksanakan tahun ini, karena itu berarti memaksakan diri. Selain itu, jajaran Kemdikbud untuk lebih jujur dan terbuka dengan kemampuan korpsnya, jangan larut dalam retorika atau kontroversi terus,” ujarnya.

Herlini berharap, Irjen Kemdikbud lebih pro aktif mengawal Kurikulum 2013. Bahkan, jika perlu Irjen harus menegur pihak-pihak yang terkait di internal Kemdikbud yang terlalu ambius untuk menerapkan Kurikulum 2013 pada tahun ini.  “Kemdikbud harusnya legowo terima usulan penerapan kurikulum baru pada 2014 mendatang,” katanya. (rud)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.