Sabtu, 25 September 21

Exxon Mobil Tipu Pemegang Saham ?

Exxon Mobil Tipu Pemegang Saham ?

Jakarta, Obsessionnews – Perusahaan minyak dan gas asal Amerika Serikat (AS) Exxon Mobil ketiban apes. Kejaksaan New York membuka penyelidikan terhadap perusahaan yang berkantor pusat di Dallas, Texas ini lantaran dituduh menyebarkan informasi menyesatkan soal resiko bisnis dan perubahan iklim.

Informasi menyesatkan itu, kata Eric Schneiderman, Jaksa Wilayah New York, ditujukan menipu para pemegang saham.

Pada Rabu (4/11) lalu, Eric melayangkan surat panggilan terhadap Exxon dan memintanya menyediakan segala macam pernyataan publik, email termasuk catatan keuangan guna memastikan apakah para investor benar-benar telah ditipu.

Pihak Exxon seperti dilansir BBC, berkeras kalau informasi tentang resiko bisnis sudah dilampirkan di setiap laporan kepada para pemegang saham selama bertahun-tahun. Tapi tetap saja, Jaksa meminta bukti demi mencari bukti.

Sementara itu, beberapa dekade lalu para pegiat lingkungan sempat menyampaikan kekhawatirannya kepada ilmuwan Exxon terkait pemanasan global. Namun, informasi itu justru diabaikan pimpinan perusahaan.

New York Times menulis, kalau penyelidikan terkait skandal penipuan informasi ini sudah dimulai sejak setahun lalu lengkap dengan data perusahaan sejak tahun 1970-an. Bahkan, dalam laporan koran ini dikatakan, penyelidikan bisa saja meluas dan melibatkan banyak perusahaan serupa.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.