Jumat, 19 April 24

Exxon Dicurigai Menipu Publik dan Pemegang Saham

Exxon Dicurigai Menipu Publik dan Pemegang Saham
* Exxon Mobil dicurigai mengabaikan peringatan para ilmuwan akan ancaman perubahan iklim. (BBC)

New York – Kantor kejaksaan New York telah membuka penyelidikan terhadap perusahaan minyak dan gas Amerika, Exxon Mobil.

Perusahaan yang berkantor pusat di Dallas, Texas ini dicurigai telah memberi informasi yang menyesatkan publik dan pemegang saham mengenai risiko bisnis dan perubahan iklim.

Jaksa Wilayah New York Eric Schneiderman telah mengirimkan surat pemanggilan kepada Exxon hari Rabu (04/11) serta meminta perusahaan menyediakan segala macam pernyataan publik, email dan catatan keuangan yang dilakukan oleh perusahaan untuk memastikan apakah para investor telah ‘ditipu’.

Para pegiat lingkungan menyatakan para ilmuwan Exxon sempat menyatakan kekhawatiran tentang pemasanan global beberapa dekade lalu, tapi peringatan ini diabaikan oleh pimpinan perusahaan.

Exxon menanggapi serius pemanggilan ini dan bersikeras bahwa informasi tentang risiko bisnis ini telah dimasukkan ke dalam laporan untuk para pemegang saham selama bertahun-tahun.

Harian New York Times menyatakan bahwa penyelidikan ini telah dimulai setahun lalu dan bisa mencakup data-data perusahaan sejak tahun 1970-an.

Mereka juga menyebutkan bahwa penyelidikan ini bisa saja diluaskan ke perusahaan minyak dan gas lain. (BBC)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.