Sabtu, 23 Oktober 21

Etnis Batak Beri Ulos Kepada Fauzi Bahar

Etnis Batak Beri Ulos Kepada Fauzi Bahar

Padang, Obsessionnews – Warga Batak, Sumatera Utara (Sumut) yang berdomisili di Sumatera Barat (Sumbar) menyerahkan kain ulos batak kepada bakal calon (balon) Gubernur Sumbar Fauzi Bahar. Penyerahan ulos Batak sebagai simbol penghargaan kepada Fauzi Bahar, karena selama ini bersangkutan dinilai mengayomi dan melindungi warga Batak yang ada di Sumbar

Penyerahan kain ulos yang langsung diuloskan tokoh-tokoh Batak dilangsungkan bersaamn dengan pesta Luhutan Balon Toba Naipospos, Boru, Bere, Ibebere se Sumbar, Minggu (9/8).

ulos2

Balon Wakil Gubernur Sumbar Fauzi Bahar mengaku sejak lama sudah dekat dengan orang Batak. Semasa sekolah di Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat, ia dibesarkan orang Batak bermarga Hutasuhut.

Fauzi Bahar menerima ulos Batak bukan yang pertama kali. Mantan Walikota Padang dua periode itu sudah tiga kali menerima ulos Batak. Maka, dia tidak asing lagi bagi warga Batak sekaligus dianggap sebagai Amang dan Ayah orang Batak. Panggilan itu sebagai penghargaan terhormat dan tertinggi bagi orang Batak.

ulos3

Fauzi Bahar berjanji untuk tetap selalu menjaga kedamaian dan kerukunan budaya di Sumbar dengan seluruh etnis yang ada selain warga Batak.

Diketahui, Naipospos memiliki tujuh marga di Sumut dan warga Batak dari marga tersebut tersebar di 19 kabupaten dan kota di Sumbar. (Musthafa Ritonga)

ulos4

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.