Rabu, 8 Desember 21

Esok, Jamaah Naqsabandiyah Mulai Puasa Ramadhan

Esok, Jamaah Naqsabandiyah Mulai Puasa Ramadhan

Padang, Obsessionnews – Bulan Ramadhan diperkirakan baru akan jatuh pada Senin depan (6/6/2016). Namun, tidak demikian halnya dengan penganut tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat. Dalam hitungan mereka, Ramadhan jatuh pada Sabtu esok (4/6/2016).

Menurut pimpinan tarekat Naqsabandiyah Sumatra Barat di Kota Padang, Syafri Malin Mudo, sekitar 50 masjid dan mushala Naqsabandiyah malam ini akan menggelar shalat tarawih. Beberapa di antaranya Mushala Baitul Makmur di Pasar Ambacang, Binuang dan Kuranji.

“Kami memastikan salat tarawih malam ini sebagai awal datangnya satu Ramadhan. Pusatnya di Baitul Makmur Pasar Baru,” ujar Syafri, Jumat (3/6/2016).

Syafri memperkirakan shalat tarawih nanti malam diikuti ratusan jamaah yang tersebar di kota Padang dan sebagian dari Pekanbaru, Solok, dan daerah lainnya yang sengaja datang setiap bulan Ramadhan.

Shalat Tarawih yang dilakukan komunitas ini berjumlah 23 rakaat dengan 12 salam. Usai rangakian Shalat Tarawih, jamaah akan melanjutkannya dengan berzikir dan berdoa.

Menurut Syafri, tarekat Naqsabandiyah menggunakan metode hisab dan menentukan malam sebagai perhitungan awal Ramadhan

“Kami menghitung malamnya bukan harinya, sehingga malam ini tepat satu Ramadhan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kota Padang Japeri Jarap mengatakan pihaknya menghormati perbedaan dalam penentuan awal Ramadhan tersebut.

“Naqsabandiyah memiliki perhitungan tersendiri dan kita harus menghormatinya,” ujarnya. (Fath @imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.