Jumat, 26 April 24

Erick Thohir Minta Pemerintah Daerah Bangkitkan Perekonomian Rakyat

Erick Thohir Minta Pemerintah Daerah Bangkitkan Perekonomian Rakyat
* Menteri BUMN Erick Thohir di acara penutupan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2021, pada Jumat (22/10/2021). (Foto: tangkapan layar YouTube)

Jakarta, obsessionnews.com – Menteri BUMN Erick Thohir secara resmi menutup penyelenggaraan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2021, pada Jumat (22/10/2021).

Dalam sambutannya, Erick mengungkapkan, dampak pandemi Covid-19 yang telah menghancurkan setiap sendi kehidupan, termasuk perekonomian. Ia pun mendorong daerah turut membantu membangkitkan ekonomi rakyat, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa, ini rahasia Allah SWT, tapi tentu kita harus mengintervensi keadaan, berpihak pada keadaan, tentu kita-kita yang diberi amanah sebagai pemerintah pusat ,daerah atau siapa pun yang memangku kebijakan, karena suka tidak suka, UMKM, ekonomi rakyat ini yang harus dibangkitkan. Sebagai pimpinan tidak boleh terleng dengan siutuasi yang bertahan tapi kita juga memastikan mendorong supaya bangkit,” ujarnya.

Untuk membantu membangkitkan perekonomian itu, Erick meminta daerah membuat road map dan memetakan potensi industri daerah masing-masing.

“Oleh karena itu saya mengajak pemimpin daerah harus menyadari road map ke depan, karena tadi (akibat pandemi) ada (industri) yang hilang dan tumbuh. Kalau pemangku kebijakan daerah tidak memetakan kekuatan masing-masing daerah, itu yang bisa membahayakan industri daerah yang tidak tumbuh,” jelasnya.

Erick juga menyempatkan diri untuk memberi penghargaan kepada Kabupaten Buru Selatan, Maluku, karena terpilih sebagai daerah dengan komoditi khusus pada APKASI Otonomi Expo 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif APKASI sekaligus Ketua Pelaksana APKASI Otonomi Expo 2021, Sarman Simanjorang, mengatakan, upaya membangkitkan dan mempercepat perekonomian daerah memang membutuhkan kerja sama semua pihak.

“Untuk mempercepat perekonomian daerah adalah kewajiban semua pihak. Kami mempertemukan semua stakeholder, baik pembuat kebijakan pusat, daerah, dan pelaku usaha,” ujarnya.

Sarman mengatakan, dalam APKASI Otonomi Expo 2021, terselenggara berbagai forum diskusi dan pertemuan yang membahas solusi membangkitkan perekonomian nasional dan daerah. Kegiatan ini diikuti pemkab, investor, KADIN, dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

“Forum berjalan baik, diskusi yang bermanfaat untuk mencari solusi bangsa bangkit bersama dalam memperbaiki perekonomian nasional,” jelasnya.

Kemudian business matching, mempertemukan buyer, investor, dan daerah, kegiatan yang baru pertama dilakukan secara virtual ini diikuti oleh 25 pemkab, dari buyer investor hadir 18 perusahaan dari KADIN, HIPMI dan lain-lain.

“Mudah-mudahan ada keberlanjutan ke tahap selanjutnya,” imbuhnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.