Kamis, 23 Januari 20

Erick Thohir ke Dirut Garuda: Mundur atau Dicopot Tidak Hormat

Erick Thohir ke Dirut Garuda: Mundur atau Dicopot Tidak Hormat
* Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: dok Riaupos)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton menggunakan Pesawat Garuda A330-900 berujung pada rencana pencopotan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara.

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut bahwa Harley Davidson adalah milik AA (Ari Ashkara). Erick mengatakan hal itu berdasarkan laporan dari komite audit, pada 2018 saudara AA memberi instruksi untuk mencari Harley Davidson tipe klasik.

“Ini menyedihkan, proses secara menyeluruh di dalam BUMN, bukan individu. Ini yang pasti tentu (kita) sangat sedih. Ketika kita ingin mengangkat citra BUMN tapi kalau oknum-oknum di dalamnya tidak siap inilah yang terjadi,” ujarnya di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2019).

Karena itu, ia mengultimatum Ari Askhara supaya mengundurkan diri secara sukarela, ketimbang harus diberhentikan secara tidak hormat. Sebab akan ada sanksi sosial jika harus dicopot.

“Saya mengharapkan individu-individu yang terlibat mestinya lebih baik mengundurkan diri, daripada dicopot secara tidak hormat. Karena konsekuensinya sosial, tidak memikirkan keluarga, tetangga dan lain-lain. Itu hukum yang tidak enak juga dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Erick.

Erick menjelaskan untuk proses pencopotan Ari Askhara sendiri nantinya mengikuti prosedur pasar modal. Sebab Garuda Indonesia merupakan perusahaan yang sahamnya tercatat di pasar modal.

“Untuk proses pemberhentian, karena ini perusahaan Tbk maka prosesnya tidak langsung hari ini, kita mengajukan nanti ada RUPSLB (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa). Saya tidak tahu secepat apa, tapi kita akan menunjuk Plt,” tambahnya.

Erick menekankan, ke depan dirinya selaku wakil negara di para BUMN memilih direksi dan komisaris lebih profesional.

“Memang ke depan direksi dan komisaris BUMN harus dilakukan proses secara profesional. Karena itu sama di Garuda pasti kita akan review total, tidak hanya direksinya tapi juga komisaris dan persaingan di industri apakah capable untuk bersaing,” tegasnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.