Minggu, 29 Januari 23

Ensiklopedi Budaya Keindonesiaan, Siaran Pro4 RRI Resmi Mengudara

Ensiklopedi Budaya Keindonesiaan, Siaran Pro4 RRI Resmi Mengudara
* Radio Republik Indonesia (RRI) meluncurkan Ensiklopedi Budaya Keindonesiaan, format baru siaran dari Pro4 di kantor RRI, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2018).

Jakarta, Obsessionnews.com –  Radio Republik Indonesia (RRI) meluncurkan Ensiklopedi Budaya Keindonesiaan, format baru siaran dari Pro4 di Gedung RRI, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2018).

Ensiklopedi Budaya Keindonesiaan ini akan memberikan pemahaman bahwa radio tidak semata informasi, pendidikan serta hiburan, tetapi lebih bernilai sebagai wacana ilmu pengetahuan dan Instrumen masyarakat dalam mengembangkan kualitas keadaban manusia.

Ini juga merupakan visi RRI untuk mencerdaskan bangsa dalam budaya. Tak heran, RRI tidak pernah absen menyapa masyarakat.

“Sekali mengudara tetap di udara,” kata Direktur Utama LPP RRI M. Rohanuddin.

Nantinya, angkasawan angkasawati RRI akan menjadikan tujuh unsur kebudayaan universal (Koentjaraningrat, 2014, Koentjaraningrat, 2005) dalam program siaran Pro4 baru.

Perubahan format siaran ini termaktub dalam rencana strategis 2016-2021, Lembaga Penyiaran Publik RRI,  yang memberikan landasan dan arah konsistensi dalam penyelenggaraan siaran RRI.

Direktur Utama LPP RRI M. Rohanuddin mengatakan  RRI akan terus berupaya menuju titik peran lembaga penyiaran yang melayani siaran informasi, pendidikan, dan hiburan dalam rangka turut serta membangun peradaban bangsa yang adiluhung.

“Peran ini kiranya menjadi sangat penting jika dilihat kenyataan terpaan media saat ini yang didominasi oleh hiburan. Itu belum termasuk hantaman budaya asing dan berpotensi menggerus budaya Indonesia,” kata M Rohanuddin.

Dalam situasi semacam inilah, kehadiran Programa 4 yang mengusung budaya menjadi sangat penting.

Perubahan format siaran Programa 4 pada dasarnya merupakan hasil pengalaman empiris selama ini, serta analisis atas siaran siaran Pro 4 sebelumnya.

Format baru  ini juga pada dasarnya merupakan wujud konsekuensi peran LPP RRI yang turut melestarikan dan mengembangkan Budaya Nusantara serta rasa tanggung jawab untuk memberikan warisan bagi generasi bangsa.  Maka itu, Programa 4 dengan format baru diarahkan untuk  melayani semua segmen (all segments).

Programa 4 yang disiarkan RRI Tipe B di seluruh Indonesia akan mengalami perubahan dengan pola siaran baru secara nasional dengan poros Programa 4 RRI Jakarta, dan siaran lokal Programa 4 di daerah. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.