Senin, 18 Oktober 21

Enggan Diistimewakan, Menag Ikut Antre Toilet di Mina

Enggan Diistimewakan, Menag Ikut Antre Toilet di Mina
* Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat antre dan membaur bersama jemaah di depan toilet di Mina, Selasa (21/8/2018) malam. (Foto: Kemenag)

Makkah, Obsessionnews.com  – Usai melontarkan jumrah aqabah di Jamarat pada Selasa (21/8/2018), Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin  menuju ke Mina berjalan kaki untuk mengecek langsung kondisi jemaah haji Indonesia. Di sela-sela blusukan ke tenda dan Posko Kesehatan Haji, Menag beristirahat sejenak di Kantor Misi Haji di Maktab 50.

Waktu salat maghrib tiba, sekitar pukul 19.30 waktu Saudi, ia serta merta keluar tenda turut antre di toilet bersama jemaah lain, lalu mengambil air wudlu. Meski seorang menteri, Lukman enggan diistimewakan.

“Sengaja saya ingin mengecek kondisi toilet dan tempat wudlu,” kata Lukman seperti dikutip Obsessionnews.com dari situs Kementerian Agama, Rabu (22/8).

Ia memang mengakui toilet dan tempat wudlu masih terbatas, karena fasilitas di Mina sepenuhnya  menjadi tanggung jawab otoritas Saudi.

“Tapi kita sudah berusaha maksimal, misalnya dengan menambahi urinoir portable
meski jumlahnya terbatas,” jelasnya.

“Makanya saya ingin melihat langsung di lapangan, ikut merasakan nikmatnya antre bersama jemaah, karena malah bisa mendapat masukan dari mereka,” tambahnya.

Salah seorang jemaah dari Ciamis, Jawa Barat, yang sedang mengantre di toilet minta agar kamar kecil diperbanyak di tahun mendatang. Dengan ramah Lukman mohon maaf jika pemerintah belum bisa memberikan yang terbaik.

“Kami mewakili pemerintah mohon maaf belum bisa memberikan yang terbaik, jemaah berdesak-desakan di tenda dan kondisi toilet terbatas, mudah-mudahan semua tambah sabar,” papar Lukman yang disambut anggukan para jemaah.

Kehadiran orang nomor satu di jajaran kementerian bermotto ‘Ikhlas Beramal’ itu mampu menjalin kehangatan dengan jemaah selama di Tanah Suci. Semua menjadi nyaman di tengah keterbatasan. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.