Jumat, 20 Mei 22

Empat Tahun Pemerintahan Jokowi Bangun Jalan Tol 782 Km

Empat Tahun Pemerintahan Jokowi Bangun Jalan Tol 782 Km
* Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana meresmikan beroperasinya 3 ruas tol bagian dari Jalan Tol Trans Jawa, di Jembatan Kali Kuto, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018). (Foto: Humas Setkab) 

Pembebasan Tanah

Menurutnya, problemnya di pembebasan tanah, di pengadaan tanah. Yang kedua juga banyaknya tanah-tanah yang berkaitan dengan instansi. Ia memberikan contoh misalnya tol Samarinda – Balikpapan, itu ada dua penyebabnya di sana, lewat lahan konservasi, yang kedua lewat tanahnya kodam.

“Jadi kalau kita tidak mengerti yang menyelesaikan enggak ada. Yang menyelesaikan ya kita, kalau kita mengerti ya baru (bisa diselesaikan). Saya telepon Panglima,  dua minggu rampung. Hal-hal yang berkaitan dengan konservasi itu juga ada kok payung hukumnya, bisa diberikan, untuk kepentingan apa bisa. Saya telepon Menteri LHK, juga rampung,” ungkapnya.

Kunci-kunci seperti itu, menurut Jokowi, yang sekarang kita sudah mengerti. Sehingga dalam empat tahun ini saja pemerintah sudah selesai membangun jalan tol sepanjang 782 kilometer, termasuk tol Jakarta-Surabaya-Pasuruan.

“Selama empat tahun itu kita telah membangun 782 kilometer. Dan hitungan kita, akhir tahun 2019 ini akan ada tambahan, sehingga total selama lima tahun nanti akan menjadi 1.854 kilometer,” tandasnya.

Jokowi meminta tidak usah bertepuk tangan dulu, karena China yang membangun dengan kurun waktu yang sama sekarang sudah punya jalan tol 280.000 kilometer, 280.000 kilometer. Malaysia yang setelah Indonesia sampai saat ini juga 1.824 kilometer.

 

Baca juga:

LSI: Debat Capres Pertama Jokowi-Ma’ruf Unggul

Kumpulkan 31 Kepala Daerah untuk Dukung Jokowi, Bawaslu Panggil Ganjar

Indonesia Raih Masa Keemasan Olahraga di Era Jokowi

 

Baca halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.