Minggu, 24 Maret 19

Empat Momen Kedekatan Jokowi dengan Ulama

Empat Momen Kedekatan Jokowi dengan Ulama
* Jokowi mengundang para ulama di Istana Negara.

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap dituduh tidak dekat dengan kelompok Islam. Padahal dalam beberapa kesempatan Jokowi kerap menunjukkan kedekatannya dengan tokoh Islam di Tanah Air. Kedekatan itu terlihat baik saat Jokowi mengundang ulama ke Istana, atau Jokowi hadir di acara mereka.

Demikian juga pada saat melakukan kunjungan kerja ke daerah, Presiden Jokowi juga sering menyempatkan waktu untuk mengunjungi pondok pesantren dan bersilaturahmi dengan para kiai atau ulama. Berikut empat momenpenting yang menunjukan kedekatan Jokowi dengan ulama.

1. Bersama Habib M Luthfi Bin Yahya

Foto istimewa

Ulama tersohor Habib M Luthfi Bin Yahya sudah kenal dengan Jokowi jauh sebelum menjadi Presiden, tepatnya saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo. Keduanya sudah sama-sama mengenal. Jokowi bahkan sempat menghadiri undangan Habib Luthfi di acara Maulid Nabi di gedung Kanzus Sholawat, Pekalongan, 8 Januari 2017.

Setelah itu, giliran Jokowi yang mengundang Habib Luthfi berceramah dalam acara Nuzulul Quran di Istana Negara. Kedekatan dengan Jokowi juga terlihat saat Habib Luthfi menghadiri Festival Sholawat Piala Presiden pada 24 Februari 2018. Di sini, Jokowi terlihat menggenggam tangan Habib Luthfi dan Ketua MUI KH Ma’ruf Amien.

2. Bersama KH Masbuhin Faqih

Foto istimewa

Dalam kunjungan ke Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan menggelar pertemuan khusus dengan 30 kiai di kediaman pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaus Sholihin, KH Masbukhin Faqih Kamis, 8 Maret 2018.

Jokowi terlihat sangat akrab dengan KH Masbuhin Faqih. Dia juga terlihat menggandeng tangan KH Masbuhin Faqih saat berjalan dan melakukan foto bersama. Usai pertemuan, Jokowi menegaskan, acara itu silaturahmi biasa. Menurut dia, agenda silaturahmi ke pesantren kerap dilakukan ketika melakukan kunjungan ke daerah.

“Kami melaporkan hal-hal yang sudah dilakukan oleh pemerintah maupun rencana yang akan dilakukan. Mana yang perlu diperbaiki. Mana yang perlu dikerjakan lebih besar lagi. Masukan-masukan seperti itu, saya kira penting sekali ketika kita masuk pondok,” tandas Jokowi.

3. Bersama KH Maimun Zubair

Foto istimewa.

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Maimun Zubair memang dikenal dekat dengan para pemimpin di negeri ini, termasuk dengan Presiden Jokowi. Keduanya juga kerap terlibat acara bersama. Misalnya saat acara zikir kebangsaan dan peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional I Majelis Dzikir Hubbul Wathon di Gedung Serbaguna 2, Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur 21 Februari 2018.

Tangan KH Maimun Zubair digenggam Jokowi saat berjalan menuju panggung utama yang didampingi oleh KH Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin berserta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

4. Bersama Syekh Haji Hasyim Al-Syarwani

Foto istimewa.

Presiden Jokowi menyempatkan diri bersilaturahmi ke kediaman Syekh Haji Hasyim Al-Syarwani Tuan Guru Babussalam di Desa Besilam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Sabtu 29 Desember 2018. Dalam kunjungannya ini, Jokowi mengenakan jas warna biru, bersarung, lengkap dengan sorban dan peci.

Syekh Hasyim Al Syarwani merupakan keturunan Syekh Abdul Wahab Rokan al-Khalidi an-Naqsyabandi, seorang ulama ahli fikih, seorang sufi, sekaligus mursyid Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Riau dan Sumatera Timur pada abad ke-19 hingga awal abad ke-20.

Pertemuan ini sekaligus menegaskan kedekatangan Jokowi dengan para ulama. Jokowi mengatakan jika ulama dan umara (pemimpin pemerintahan) bisa berjaan beriringan, maka negara akan aman. Bagi Jokowi, masukan dari para ulama betul-betul masukan dari masyarakat. Ia meyakini para ulama selalu bersentuhan langsung dengan umat. (Albar)

 

Baca juga:

Tagar #LampungBangkitBersamaJokowi Jadi ‘Trending Topic’ di Twitter

Jokowi Perintahkan Bangun Rumah Untuk Korban Tsunami Selat Sunda di Lampung Selatan  

Jokowi dan Prabowo Diharapkan Bisa Beri Contoh Pemilu Damai

Ketika Jokowi Dapat Amanah Pimpin Negara dari Syekh Haji Hasyim Al-Syarwani

Publik Puas Atas Kinerja Jokowi

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.