Kamis, 6 Oktober 22

Emir Qatar Tamim bin Hamad Al-Thani, Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Emir Qatar Tamim bin Hamad Al-Thani, Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia
* Emir Qatar Tamim bin Hamad Al-Thani. (Sumber foto: m.wikimedia.org)

Obsessionnews.com – Beberapa waktu lalu The Muslim 500  merilis daftar tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia. Urutan pertama diduduki oleh Pemimpin Qatar atau Emir Qatar Tamim bin Hamad Al-Thani.

The Muslim 500 merupakan survei yang rutin merilis siapa saja tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia setiap tahun.

Survei itu dibentuk oleh The Royal Islamic Strategic Studies Centre yang berafiliasi dengan Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought di Amman, Yordania.

Tamim mengalahkan Raja Salman dari Arab Saudi dan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei yang berada di posisi kedua dan ketiga dalam daftar tersebut.

Tamim, kelahiran 1980, telah menjadi pemimpin Qatar sejak usia 33 tahun tepatnya sejak sang ayah bernama Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani turun takhta pada Juni 2013 lalu.

Emir Qatar adalah anggota dinasti Al-Thani. Qatar adalah negara monarki yang didirikan pada 1868 silam.

Mengutip dari berbagai sumber, Tamim menuntut ilmu di Akademi Militer Kerajaan di Sandhurst Inggris seperti sang ayah dan lulus pada 1998.

Setelah itu, ia kembali ke Qatar dan bertugas sebagai Letnan Dua di Angkatan Bersenjata Qatar.

Tamim harus menghadapi gejolak di tahun-tahun pertamanya menjadi pemimpin Qatar. Pada 2014, Qatar berkonflik dengan negara-negara Teluk lainnya.

Pada 2017, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Bahrain bahkan memutuskan hubungan dengan Qatar, dan memberlakukan blokade ekonomi.

Meskipun demikian, Qatar beradaptasi dengan cepat antara lain kembali fokus mengelola hubungan dan kerja sama, terutama soal perdagangan, ke Turki, Iran, Kuwait, dan Oman.

Di bawah kepemimpinanya, Tamim pun bertahap berhasil memperbaiki hubungan antara Qatar dengan negara Teluk. Di awal 2021, hubungan antara Qatar dan negara-negara Teluk pun membaik.

Ia memimpin Qatar, nagara yang disebut paling kaya dengan pendapatan domestik bruto (PDB) per kapita $63.505.

Qatar juga merupakan pengekspor gas alam cair terbesar dan punya cadangan gas alam terbesar ketiga di dunia.

Keluarga

Tamim menikah dengan Syeikha Jawaher binti Hamad bin Suhaim al-Tsani pada 8 Januari 2005 lalu. Sang istri adalah anak dari Syekh Hamad bin Suhaim al-Tsani.

Dari pernikahan itu, Tamim memiliki empat anak yang terdiri dari dua putra dan putri. Mereka bernama Syeikha Almayassa binti Tamim al-Tsani, Syekh Hamad bin Tamim al-Tsani, Syeikha Aisha binti Tamim al-Tsani, dan Syekh Jassim bin Tamim al-Tsani.

Tamim disebut-sebut memiliki istri kedua bernama Syeikha Anoud binti Mana Al-Hajri. Ia menikah untuk kedua kalinya pada 3 Maret 2009.

Istri kedua Tamim adalah anak dari Duta Besar Qatar untuk Yordania Mana bin Abdul Hadi Al-Hajri.

Di sela-sela kesibukannya, Tamim kerap berolah raga bulu tangkis hingga bowling. Biasanya, ia bermain bowling bersama mantan panglima militer Mesir Muhammad Hussein Tantawi. (Muslim Obsession/Vina/red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.