Kamis, 25 April 24

Emas di COMEX Menurun

Emas di COMEX Menurun

Jakarta, Obsessionnews – Divisi COMEX New York Mercantile Exchange (Nymex) mencatatkan emas berjangka menurun pada Kamis (2/7) waktu setempat. Penyebabnya, laporan pekerjaan AS sedikit di bawah harapan.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus turun 5,8 dollar AS, atau 0,50 persen, menjadi 1.163,50 dollar AS per ounce.

Emas bereaksi setelah laporan yang dirilis Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis menunjukkan pertumbuhan penggajian (payroll) non pertanian meningkat 223.000 dan berada di bawah ekspektasi. Analis mencatat bahwa penghasilan rata-rata perjam tetap tidak berubah pada Juni.

Beberapa analis seperti dikutip Antara, percaya ini dapat mendorong kembali harapan kenaikan suku bunga yang diantisipasi Federal Reserve AS. Awalnya, kenaikan suku bunga itu diperkirakan pada Juni. Kemudian, angka pekerjaan tercatat lemah sehingga mendorong ke September.

Dollar AS yang lebih lemah juga memberikan dukungan untuk logam mulia karena Indeks Dollar AS turun 0,2 persen menjadi 96,05 pada pukul 17.16 GMT.

Emas dan dollar AS biasanya bergerak berlawanan arah, jika mata uang AS itu naik maka emas berjangka akan jatuh karena emas yang diukur dengan dollar AS menjadi lebih mahal bagi investor.

Sementara perak untuk pengiriman September turun 1,5 sen, atau 0,10 persen, menjadi ditutup pada 15,562 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober turun 3,8 dollar AS, atau 0,35 persen, menjadi ditutup pada 1.084,00 dollar AS per ounce.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.