Jumat, 27 Mei 22

Eks Perdana Menteri Malaysia Ditangkap KPK

Eks Perdana Menteri Malaysia Ditangkap KPK
* Mantan PM Malaysia Najib Razak Ditangkap Komisi Antikorupsi. (nasionalisme.co)

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, dilaporkan ditangkap Komisi Anti-Korupsi (KPK, red) Malaysia, demikian dilaporan situs berita The Malaysian Insight.

Hal ini sudah diperkirakan karena pemerintah Malaysia -di bawah pemerintahan baru pimpinan PM Mahathir Mohamad- sedang menyelidiki dugaan korupsi terkait dengan dana investasi negara 1MDB.

Wartawan Malaysia melaporkan pernyataan pengacara keluarga yang mengatakan bahwa kemungkinan Najib akan didakwa besok, Rabu (4/7), dan Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) diperkirakan akan mengeluarkan pernyataan resmi tentang penangkapannya dalam waktu dekat.

MACC menangkap Najib Razak di kediamannya di Langgak Duta, Kuala Lumpur pada Selasa (3/5) sore ini. Najib langsung digelandang ke kantor pusat MACC. Penangkapan ini diduga terkait skandal mega korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang mencapai 1,1 miliar Ringgit (setara Rp3,8 triliun).

Seperti dikutip dari The Star dan Malay Mail, sebelumnya, satuan tugas khusus yang menyelidiki kasus ini. MACC membekukan 408 rekening bank milik puluhan individu dan perusahaan. Rekening yang dibekukan diduga terkait penyelidikan barang sitaan 1,1 miliar Ringgit (Rp 3,8 triliun) dalam skandal 1MDB.

Satgas 1MDB menyebut ratusan rekening bank yang dibekukan itu merupakan milik 81 individu dan 55 perusahaan. Rekening-rekening itu diduga telah menerima dana 1MDB yang diselewengkan. “Rekening-rekening ini juga terlibat dalam lebih dari 900 transaksi yang berlangsung antara Maret 2011 hingga September 2015,” ungkap Satgas 1MDB.

Sebelumnya, Najib Razak telah diperiksa oleh MACC sebanyak dua kali pada bulan Mei 2018. Mantan PM Malaysia ini diperiksa atas dugaan keterlibatannya dalam kasus mega korupsi 1Malaysia Development Berhad atau 1MDB.

Kepolisian Diraja Malaysia (PDRM) juga telah menggerebek sejumlah properti yang dikaitkan dengan Najib Razak. Dari penggerebekan itu, polisi menyita uang dan sejumlah barang mewah senilai jutaan dolar AS, yang diduga berkaitan dengan skandal rasuah 1MDB. (BBC/Nas)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.