Senin, 27 September 21

Eks Gubernur Papua Barnabas Suebu Hadapi Vonis

Eks Gubernur Papua Barnabas Suebu Hadapi Vonis

Jakarta, Obsessionnews – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta akan menggelar sidang pembacaan putusan akhir terhadap eks Gubernur Papua Barnabas Suebu yang menjadi terdakwa kasus korupsi pengadaan pembuatan Detail Engineering Design (DED) PLTA sungai Urumuka dan sungai Mamberamo.

Sidang vonis ini dijadwalkan akan digelar di gedung Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Raya, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, pukul 10.00 WIB. Kuasa hukum terdakwa, Yuherman, membenarkan hal tersebut.

“Iya jadi di Tipikor hari ini,” ujar Yuherman saat dikonfirmasi via telepon, Rabu (18/11/2015).

Sebelumnya, Barnabas Suebu dituntut hukuman pidana penjara selama 7 tahun 6 bulan dan pidana denda Rp 200 juta, subsider 6 bulan kurungan. Selain tuntutan penjara, jaksa KPK juga meminta agar Barnabas membayar uang pengganti sebesar Rp300 juta.

Tuntutan ini dijatuhkan karena dia dianggap merugikan keuangan negara senilai Rp 43,36 miliar dari pekerjaan DED Paniai dan Sentani, Urumka I, II dan III serta Membramo I dan II.

Jaksa menilai Barnabas terbukti mengarahkan kegiatan DED  atau lazim disebut Proyek Perencanaan Fisik untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Danau Paniai dan Danau Sentani tahun 2008, serta di Sungai Urumuka dan Sungai Memberamo tahun anggaran 2009 dan tahun 2010 di Provinsi Papua.

Barnabas menginginkan pelaksana kegiatan tersebut adalah PT Konsultasi Pembangunan Irian Jaya (KPIJ) miliknya, meski tidak memiliki kemampuan untuk melaksanakan proyek DED. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.