Kamis, 18 April 24

Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Saling Menunjang

Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Saling Menunjang
* Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio saat kunjungi UKM di sekitar candi Borobudur. (Foto: Dok Kemenparekraf)

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menegaskan, pertemuan antara pemerintah dengan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di sekitar Candi Borobudur, Magelang sangatlah penting dilakukan. Seperti pertemuannya di Omah Mbudur pada Jumat (20/12/2019).

Omah Mbudur merupakan destinasi wisata berupa Kampung UKM yang menampilkan kesenian tari hingga beragam kuliner dan kerajinan tangan, di dekat Candi Borobudur.

“Apa yang dilakukan di sini adalah bagian ekonomi kreatif untuk menunjang pariwisata,” ujar Wishnutama dalam keterangan tertulisnya yang diterima obsessionnews.com, Sabtu (21/12).

Dia menjelaskan, pariwisata dan ekonomi kreatif saling menunjang. Pariwisata bisa sukses karena ada ekonomi kreatif, pun sebaliknya. Sehingga nanti pariwisata dan ekonomi kreatif membawa devisa dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Masyarakat tidak hanya menonton turis yang datang,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kemenparekraf ini menambahkan, Kemenparekraf akan mencari potensi-potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di destinasi wisata. Kemudian selanjutnya, membantu untuk mem-branding, mengemas, dan mempromosikan.

“Itu tugas kita untuk mendukung teman-teman pelaku wisata dan ekonomi kreatif,” tegasnya.

Selain itu, Wishnutama juga memuji Omah Mbudur yang punya nuansa khas dan memberikan banyak pengalaman kepada wisatawan. Dia menyebut, kualitasnya sudah bagus dan harus ditingkatkan.

“Ada kerajinan batik, seni tari, lukisan, kuliner, dan suasana alamnya adalah bagian ekonomi kreatif yang bisa membawa manfaat kepada masyarakat sekitar. Kualitasnya sudah bagus, kalau bisa kita tingkatkan lebih bagus. Itu tugas Kemenpareraf,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.