Selasa, 18 September 18

Syarat Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh Enam Persen

Syarat Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh Enam Persen
* Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Jakarta, Obsessionnews.com – Ada beberapa syarat yang harus dilakukan agar ekonomi Indonesia bisa tumbuh di angka enam persen. Salah satunya adalah pusat pertumbuhan ekonomi yang merata, tidak hanya tertumpu di  Jawa dan Sumatera.

“Pusat pertumbuhan ekonomi harus di seluruh Indonesia yang terkoneksi dengan baik,” ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bambang Brodjonegoro, Selasa (10/7/2018).

Selain itu, Bambang menilai Indonesia perlu membangun infrastruktur dasar yang memadai. Begitu juga dengan pembayaran pajak yang menurutnya bisa menjadi unsur penting untuk menentukan pertumbuhan ekonomi.

Paling penting, kata dia, Indonesia perlu membuat pusat pertumbuhan ekonomi di banyak tempat. “Seperti di Australia, tidak hanya Sidney, di sana pusat pertumbuhan ekonominya, tapi ada Perth dan ada sumbangan dari negara bagian lainnya,” jelas Bambang.

Bambang juga mengharapkan setiap orang mau bekerja di kota mana pun yang ada di seluruh Indonesia. Dengan catatan memiliki keahlian. Sebab,  dengan begitu setiap kota mana pun bisa menjamin kehidupan yang layak dan pekerjaan memenuhi harapan.

Sementara itu, saat ini Bambang menyatakan ketimpangan regional secara umum masih terjadi di Indonesia. “Kesenjangan antar wilayah di Indonesia bersifat kompleks dan multisektoral,” tandasnya.

Ketimpangan tersebut, lanjutnya, mencakup persoalan akses dan konektivitas. Begitu juga dengan tidak meratanya pembangunan, tidak optimal pemanfaatan potensi sumber daya alam, dan masih rendahnya etos kerja. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.