Rabu, 21 November 18

Riset Markplus: Shopee Paling Banyak Diakses Masyarakat

Riset Markplus: Shopee Paling Banyak Diakses Masyarakat
* Acara MarkPlus Center for Technology & Creativity: E-Commerce Zaman NOW! (foto: Istimewa)

Jakarta, Obsessionnews.com – Industri e-commerce Tanah Air mulai menunjukan perubahan wajah. Beberapa tahun lalu mungkin wajah-wajah e-commerce berjejalan, baik itu pemain lama, baru, berskala besar sampai kecil. Eksistensi mereka sangat terasa sehingga ketatnya kompetisi membuat hanya beberapa e-commerce yang berhasil bertahan brand-nya, termasuk menjadi top of mind di mata masyarakat.

MarkPlus, Inc. selaku perusahaan konsultan marketing terkemuka di Indonesia, melakukan riset brand e-commerce mana saja yang berhasil menarik perhatian konsumen, serta menjadi pilihan mereka dalam berbelanja online. Artinya industri e-commerce saat ini sudah masuk usia matang.

Associate of High Tech, Property and Consumer Industry of MarkPlus, Inc. Irfan Setiawan mengatakan, pemain-pemain seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak adalah nama-nama pemain e-commerce yang paling sering disebut responden.

“Semisal Shopee, yang menjadi e-commerce paling banyak diakses oleh responden dalam tiga bulan terakhir,” ujar Irfan dalam acara MarkPlus Center for Technology & Creativity: E-Commerce Zaman NOW! di Philip Kotler Theater, EightyEight@Kasablanka, Jakarta, pada Kamis (8/11/2018).

Selain itu, riset ini juga bisa menjadi acuan para pemain yang terlibat dalam industri e-commerce dan menjadi peta kompetisi ter-update. Dalam riset yang dilakukan, salah satu perilaku yang terlihat adalah sebanyak 46,1% responden mengakses platform e-commerce sebanyak empat kali dalam tiga bulan terakhir.

Dia menjelaskan, Smartphone juga menjadi gadget paling populer dalam mengakses e-commerce yaitu sebanyak 91,3%. Dari sini terlihat sebanyak 49,8% pengakses e-commerce membukanya lewat aplikasi mobile.

Salah satu contoh dari hasil riset adalah brand e-commerce mana yang muncul pertama kali atau top of mind di benak masyarakat. Shopee menjadi terdepan dengan 31,0% responden memilih, disusul Lazada (20,3%) dan Tokopedia (17.9%). Artinya ketiga brand ini adalah yang awareness-nya tertinggi dibanding pemain e-commerce lain.

Dan jika dibagi oleh wilayah, terutama untuk responden di enam kota besar, Shopee juga mendominasi. Bandung, Surabaya, Semarang, dan Makassar adalah kota di mana Shopee menjadi top of mind. Sementara Tokopedia menjadi top of mind di Jakarta dan Lazada di Medan. Namun, uniknya walaupun responden di Jakarta paling mengingat Tokopedia dalam benak mereka, responden paling sering melakukan pembelian pada Shopee.

Selain itu, para pemain e-commerce besar tersebut bisa mempertahankan brand mereka di Tanah Air karena berbagai strategi yang diterapkan. “Strategi seperti banyak promo, harga murah, reputasi baik, sampai gratis ongkir adalah alasan mengapa konsumen memilih berbelanja di platform e-commerce. Ini juga yang membuat brand-brand ternama bertahan,” sambung Irfan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.