Kamis, 20 September 18

Kesadaran Berkoperasi Perlu Dibangkitkan

Kesadaran Berkoperasi Perlu Dibangkitkan
* Deputi Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Prakoso BS.

Boyolali, Obsessionnews.com – Kesadaran berkoperasi dinilai perlu dibangkitkan kembali melalui peningkatan kompetensi pengelola dan pengurus koperasi.

Hal itu diungkapkan Deputi Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Prakoso BS, pada acara pelatihan peningkatan kapasitas SDM KUKM bagi perajin logam, tembaga, dan kuningan di Boyolali, Jateng, Kamis (16/2/2017).

“Dengan berkoperasi, para anggota bisa belajar berwirausaha, mengelola keuangan dengan benar, dan juga belajar memasarkan produk yang dihasilkan,” kata Prakoso.

Menurut Prakoso, tujuan utama pelatihan ini adalah untuk membangkitkan dan membangun kembali koperasi yang telah lama berdiri. Setiap anggota koperasi juga didorong untuk menjadi wirausaha. Apalagi, potensi usaha dan peluang kesempatan kerja sebagai perajin logam, tembaga, dan kuningan, sangat besar di daerah tersebut.

“Melalui pelatihan ini kami harapkan perajin dan masyarakat Dusun Tumang, Desa Cepogo dapat bersatu untuk membangun usaha melalui koperasi,” tandasnya.

Dengan begitu, lanjut Prakoso, para perajin tidak lagi disibukkan pada penyediaan bahan baku dan kesulitan mencari pasar. Tetapi melalui koperasi dapat dipenuhi dengan harga dan pasar yang bersaing, sehingga mampu menekan biaya. Untuk itu, kata dia harus diwujudkan kepercayaan anggota kepada pengelola dan pengurus koperasi.

Di samping itu, karena produk kerajinan logam, tembaga, dan kuningan ini berorientasi pasar ekspor, produk yang dihasilkan harus memenuhi selera konsumen di luar negeri.

“Produk yang dihasilkan pun harus selalu dijaga mutunya, dan harus selalu diperbaharui dari sisi desainnya,” kata Prakoso.

Pelatihan yang dihadiri Bupati Boyolali Seno Samudro dan diikuti sekitar 200-an peserta itu mencakup pelatihan perkoperasian, vocational ketrampilan teknis, dan kewirausahaan melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.