Kamis, 25 April 24

Kemenkop Apresiasi Auliasoft, Karena Kembangkan System IT

Kemenkop Apresiasi Auliasoft, Karena Kembangkan System IT
* Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM, Yuana Sutyowati acara Silatnas ke-3 Asosiasi Auliasoft Indonesia di Yogyakarta, Jumat (7/9/2018). Sumber Foto: Humas Kemenkop UKM

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Pemerintah melalui Kementerian Koperasi  (Kemrnkop) dan UKM menyampaikan apresiasi kepada Auliasoft karena telah mendukung program layanan pembiayaan melalui System IT bekerja sama dan bersinergi dengan 30 Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) di Indonesia. 

“Kami memberikan penghargaan kepada Auliasoft yang telah mendukung program layanan pembiayaan melalui System IT ini,” kata Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM, Yuana Sutyowati acara Silatnas ke-3 Asosiasi Auliasoft Indonesia di Yogyakarta, Jumat (7/9/2018). 

Yuana mengatakan pemerintah akan terus mendorong koperasi dan UMKM menerapkan teknologi digital dalam pengembangan usahanya. Sebagaimana data BPS tercatat 3,79 juta pelaku UMKM telah memanfaatkan bisnis e-commerce, dalam bentuk digitalisasi platform market place. 

“Kebijakan Koperasi dan UMKM merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan perekonomian nasional,” kata Yuana.

Selain itu, kata Yuana pemerintah juga berkomitmen untuk mengembangkan usaha koperasi yang sehat dan mandiri, sehingga diharapkan dapat berperan sebagai soko guru perekonomian nasional. Strategi yang dilaksanakan melalui reformasi total koperasi dengan 3 (tiga) pendekatan, yaitu reorientasi, rehabilitasi, dan pengembangan. 

Reorientasi, dengan merubah paradigma pendekatan pembangunan koperasi dari kuantitas menjadi kualitas untuk mewujudkan koperasi modern yang berkualitas serta berdaya saing tinggi dengan jumlah anggota aktif yang terus meningkat.

Rehabilitasi, dengan memperbaiki dan membangun database system koperasi melalui Online Database System (ODS) untuk memperoleh sistem pendataan koperasi yang lebih baik dan akurat.

Sedangkan pengembangan, dilakukan dengan meningkatkan kapasitas koperasi sebagai badan usaha berbasis anggota yang sehat, kuat, mandiri dan tangguh serta setara dengan badan usaha lainnya melalui regulasi yang kondusif, perkuatan SDM, Kelembagaan, Pembiayaan, Pemasaran dan kemajuan Teknologi.

Terakhir Yuana mengucapkan selamat merayakan Silatnas ke-3, dengan harapan forum ini bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kepercayaan bagi anggota asosiasi dan masyarakat terhadap koperasi.

Turut hadir dalam acara itu, antara lain Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY, 300 pengurus dan pengelola Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) yang tergabung dalam Asosisasi Auliasoft Indonesia, maupun para tokoh koperasi, dan pegiat koperasi/BMT dari seluruh Indonesia.

“Selamat melaksanakan Forum Silatnas ke-3 Asosiasi Auliasoft Indonesia, semoga forum ini dapat berperan sebagai bagian dari solusi peningkatan akses pembiayaan bagi UMKM,” tutup Yuana. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.