Kamis, 25 April 24

Jual Dolar untuk Selamatkan Rupiah

Jual Dolar untuk Selamatkan Rupiah
* Ilustrasi dolar.

Jakarta, Obsessionnews.com – Semua pihak tak perlu saling menyalahkan atas melemahkan rupiah terhadap dolar AS. ketua MPR Zulkifli Hasan menyebut butuh kerja yang kuat kepada seluruh elemen masyarakat agar ekonomi Indonesia tidak mengalami krisis.

“Naiknya dolar, bisa menyebabkan kesulitan buat kita semua, karena itu kita harus bersatu,” kata Ketua MPR Zulkifli Hasan dalam siaran pers, Kamis (6/9/2018).

Zulkifli meminta kepada para pengusaha yang memiliki dolar untuk menjualnya ke rupiah, agar tidak memberatkankan ekonomi Indonesia. “Yang punya dolar, juallah dahulu, untuk membantu meredakan tekanan terhadap rupiah,” ujar Zulkifli

Lebih lanjut Zulkifli  meminta semua pihak untuk tetap tenang. Naiknya nilai tukar dolar AS, menurut dia, harus menjadi momentum panggilan bela negara, sekaligus untuk mempererat persatuan. “Imbas kenaikan dolar, akan mudah dihadapi kalau seluruh komponen bangsa bersatu,” ucapnya.

Zulkifli menjelaskan, saat ini pemerintah sedang berjuang untuk mengurangi tekanan rupiah terhadap dolar. Berbagai program sudah dilakukan, agar penurunan nilai rupiah bisa dikendalikan.

Upaya yang sudah dilakukan pemerintah, antara lain, menghentikan impor barang mewah, dan menunda pembangunan infrastruktur yang memiliki kandungan barang impor sangat besar.

Ke depan Zulkifli  berharap ada peningkatan nilai ekspor sehingga mampu mendatangkan devisa. “Selain itu para eksportir juga diminta memulangkan devisanya, inilah sikap-sikap yang bisa dilakukan sebagai bagian tulang belakang negara,” tuturnya.

Zulkifli percaya jika masyarakat bersatu memenuhi panggilan bela negara untuk memperbaiki nilai rupiah, krisis akan segera teratasi. Sebaliknya, jika situasi ini malah dimanfaatkan oleh beberapa oknum bangsa Indonesia, maka kejatuhan nilai rupiah itu akan menimbulkan kesusahan bagi seluruh bangsa Indonesia.

Sebelumnya Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno mengatakan akan menukar 35 persen asetnya dalam bentuk dolar ke rupiah. Dia juga mengajak pengusaha mengonversi aset dolarnya ke rupiah.

Menurut Sandiaga, menukar dolar yang dimiliki sama juga membela negara. “Patriotisme kita diuji dan banyak spekulan. Jangan mau terkecoh oleh aksi spekulan,” tuturnya, Rabu, 5 September 2018.

Hari ini kurs tengah Bank Indonesia menyebutkan rupiah ada di level Rp 14.891 per dolar AS. Angka ini jauh lebih rendah ketimbang yang dipatok pemerintah dalam APBN 2018 di level Rp 13.400 per dolar AS. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.