Jumat, 19 April 24

Jasa Marga Peroleh Fasilitas Pembiayaan dari Mandiri Senilai Rp 1 Triliun

Jakarta, Obsessionnews.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperoleh fasilitas pembiayaan dari Bank Syariah Mandiri senilai Rp 1 triliun yang akan digunakan untuk mempercepat pembebasan lahan di ruas jalan tol baru.

Penandatangan perjanjian kredit berjangka waktu 12 bulan tersebut dilakukan di Jakarta oleh Direktur Keuangan PT Jasa Marga Tbk Donny Arsal dan Direktur Wholesale Banking Bank Syariah Mandiri Kusman Yandi. Dengan turut disaksikan Direktur Utama BSM, Toni E.B. Subari.

Kerja sama pembiayaan ini menggunakan akad Line Facility-Musyarakah (bagi hasil/syirkah) dengan tenor 1 tahun dimana pencairannya dapat dilakukan secara bertahap atau sekaligus.

Donny menyampaikan bahwa kebutuhan pendanaan infrastruktur jalan tol dalam jangka waktu tiga tahun ke depan cukup besar, akan tetapi pembiayaan dari BSM ini akan digunakan untuk pengembangan ruas jalan tol Jasa Marga.

“Kami membuka kesempatan kerjasama pembiayaan dengan perbankan dan sekarang kita mencoba peluang baru melalui kerja sama dengan pembiayaan syariah,” katanya.

Hingga pertengahan tahun 2017, Jasa Marga memiliki jalan tol yang beroperasi sepanjang 600 kilometer atau 61 persen dari panjang jalan tol yang beroperasi di Indonesia. Adapun total konsesi jalan tol yang dimiliki sepanjang 1260 kilometer.

Sementara itu, Direktur Wholesale Banking BSM, Kusman Yandi menyampaikan kerja sama dengan Jasa Marga sejalan dengan strategi BSM menjadikan sektor infrastruktur sebagai salah satu fokus pengembangan bisnis kedepan, mengingat potensi pertumbuhan sektor ini yg sangat besar.

Hal ini menurutnya, juga sebagai wujud partisipasi BSM sebagai bagian dari Bank Mandiri Group untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi salah satu program prioritas Pemerintah RI.

Seiring pertumbuhan bisnis, BSM bertekad untuk terus meningkatkan kontribusinya pada negeri di bidang pembangunan infrastruktur. BSM saat ini sudah masuk membiayai pembangunan jalan raya dan tol, pelabuhan, industri perkeretaapian dan power plant yang dapat digunakan untuk masyarakat luas.

Kusman Yandi mengungkapkan selama tahun 2017, total persetujuan pembiayaan ke sektor infrastruktur mencapai Rp3,70 triliun yang pencairannya akan dilakukan bertahap sesuai progres proyek. Outstanding pembiayaan kami ke sektor ini per posisi April 2017 sebesar Rp3,25 triliun atau 6 persen dari total pembiayaan per April 2017 BSM yang mencapai sebesar Rp 54,69 triliun.

“Kami berharap kesempatan bekerja sama tidak berhenti di sini dan bisa dilanjutkan dengan kerjasama produk dan layanan jasa perbankan lainnya termasuk pembiayaan consumer ke karyawan PT Jasa Marga dan semoga kerja sama ini membawa kebaikan dan keberkahan untuk kedua belah pihak dan untuk negeri,” ujar Kusman Yandi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.