Sabtu, 20 April 24

Dua Langkah Jitu Garuda Antisipasi Pelemahan Rupiah

Dua Langkah Jitu Garuda Antisipasi Pelemahan Rupiah
* Ilustrasi maskapai Garuda Indonesia. Foto : Tempo.co

Jakarta, Obsessionnews.com – Maskapai Garuda Indonesia mengantisipasi dampak pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dengan menyiapkan dua langkah jitu. 

Langkah tersebut yaitu menggenjot pendapatan dalam dollar AS dan memangkas biaya operasional.

Menggenjot pendapatan dilakukan dengan cara mendorong anak perusahaanya, yaitu GMF AeroAsia yang memiliki pasar asing lebih banyak dan salah satu perusahaan perawatan terbesar di kawasan Asia Pasifik.

“GMF lebih menghasilkan banyak dolar dan penetrasi di pasar regional Asia Pasifik sangat tinggi,” kata Komisaris Utama Garuda Indonesia Agus Santoso di Jakarta, Jumat 5/10/2018).

Agus menyebut, pihaknya mulai mengolaborasikan GMF dengan Merpati Maintenance Facility (MMF).

“Kalau GMF saja yang kami dorong untuk memasarkan secara potensial ke luar negeri tidak kuat sehingga dibutuhkan ekspansi berupa kerja sama operasi dengan MMF di Surabaya,” katanya.

Sementara itu, untuk pemangkasan biaya operasional, menurut dia, diperlukan strategi untuk penghematan bahan bakar dengan menyesuaikan tipe pesawat dengan kondisi bandara serta rute di Indonesia.

“Kami akan mengevaluasi penerbangan yang disesuaikan dengan tipe pesawatnya, ada Boeing 737, Airbus 320, Airbus 330, ATR, ATR bahan bakar yang keluar lebih sedikit dibanding CRJ. CRJ itu kurang efisien untuk Indonesia,” ujar dia.

Selain itu, lanjut dia, rute-rute juga akan dievaluasi mana yang menguntungkan dan mana yang justru membuat biaya operasional membengkak. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.