Rabu, 17 April 24

DPR Dukung Dana Desa Digunakan Untuk Modal Usaha UMKM

DPR Dukung Dana Desa Digunakan Untuk Modal Usaha UMKM
* Anggota DPR RI Komisi XI Agun Gunandjar Sudarsa. (Foto: tempo.co).

Ciamis, Obsessionnews.com – Anggota DPR RI Komisi XI Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan dana desa tidak hanya digunakan untuk pembangunan infrastuktur, tapi juga bisa digunakan untuk permodalan bagi para pelaku usaha mikro di setiap desa.

“Seperti Ciamis ini, infrastruktur jalan dan distribusi sudah berjalan. Dana desa tidak lagi untuk infrastuktur, tapi untuk pemberdayaan masyarakat dalam hal UMKM,” ujar Agun di Ciamis, Jabar, Selasa (20/11/2018).

Menurut Agun, masyarakat bisa berkreativitas dari kucuran modal dari dana desa sehingga gerak ekonomi rakyat semakin efektif. Dengan dana besa digunakan untuk mengembangkan UMKM di desa dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan penghasilan.

“Jadi para pengusaha kecil pelaku usaha lokal (UMKM) di Ciamis ini kita kumpulkan bersama dengan OJK, dengan tujuan memberikan perkembangan informasi tentang kebijakan Pemerintahan saat ini, dan utamanya yang terkait dengan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa,” jelas Agun.

Agun mencontohkan, di Ciamis banyak produk makanan atau kerajinan unggulan yang berkualitas dan mampu bersaing. Seperti abon yang terkenal, Galendo, Sale, Seroja dan kerajinan seperti bambu bisa dalam industri ukir ataupun miniatur rumah dari bambu. 

“Dengan kucuran dana yang ada maka dapat ruang kesempatan kepada masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja penghasilan sendiri,” terangnya.

Permodalan dari dana desa bisa menjadi penggerak roda ekonomi masyarakat. Tidak semua dana desa itu dikelola untuk Bumdes saja, tapi industri lain yang ditangani oleh rakyat atau UMKM.

“Ke depan bila desa kuat, rakyat kuat, diharapkan tidak ada lagi permasalahan migrasi dari desa ke kota, justru sebalikanya dari kota ke desa,” pungkasnya.

Seperti diketahui pada tahun 2019 Pemerintah Pusat siap kucurkan dana sekitar Rp 70 triliun untuk dana desa dan Rp 3 triliun untuk kelurahan. Jumlah ini lebih meningkat dari sebelumnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.