Sabtu, 20 April 24

Efek Covid-19 terhadap Karier Para Perempuan Asia Tenggara di Sektor Teknologi

Efek Covid-19 terhadap Karier Para Perempuan Asia Tenggara di Sektor Teknologi
* Ilustrasi perempuan karier. (Foto: Kaspersky)

Selanjutnya sebanyak 46% perempuan yang berkecimpung di bidang teknologi di Asia Tenggara (dibandingkan dengan 39% laki-laki) percaya bahwa lingkungan kerja yang setara adalah poin terbaik untuk kemajuan karier, dan 64% berpikir bahwa bekerja jarak jauh adalah cara optimal untuk mencapai kesetaraan tersebut. Sektor teknologi saat ini harus dapat memanfaatkan momentum ini dengan baik untuk keberlanjutan di masa depan.

Merici Vinton, Co-Founder dan CEO di Ada’s List menambahkan,”Perusahaan perlu memberi sinyal, baik melalui budaya dan kebijakan, bahwa mereka akan memberikan orang tua yang bekerja (baik perempuan maupun laki-laki) fleksibilitas yang dibutuhkan selama pandemi Covid-19 (dan seterusnya). Perusahaan perlu memahami bahwa representasi memang penting dan memiliki perempuan dalam kepemimpinan, tim mayoritas perempuan dan pewawancara perempuan menunjukkan bahwa ada ruang bagi perempuan di perusahaan mereka. Sehingga, kami akhirnya dapat melihat banyak perusahaan sukses bermitra dengan organisasi perempuan eksternal yang dapat mendorong lebih maju, dan juga memberikan inspirasi eksternal untuk karyawan Anda. ”

Sementara itu Evgeniya Naumova, Vice President of the Global Sales Network di Kaspersky, menuturkan, jika nanti teknologi memimpin dan dapat memastikan lingkungan yang lebih fleksibel dan seimbang bagi perempuan, maka hal itu akan menjadi norma lebih cepat, yang tentunya kemungkinan besar akan memicu perubahan dalam dinamika sosial. Seperti biasa itu tidak akan berubah dalam semalam, tetapi ada beberapa indikator bahwa perempuan merasa lebih berdaya untuk menuntut cara kerja demikian dengan benar.

“Ke depan kita sebagai industri harus membangun momentum ini, mengekstrak hal-hal positif dari transisi tahun lalu menuju sistem kerja yang fleksibel, dan sebagai hasilnya, menjadi katalisator untuk perubahan sosial yang lebih luas,” ujar Evgeniya. (arh)

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.