Sabtu, 20 April 24

Efek Covid-19 terhadap Karier Para Perempuan Asia Tenggara di Sektor Teknologi

Efek Covid-19 terhadap Karier Para Perempuan Asia Tenggara di Sektor Teknologi
* Ilustrasi perempuan karier. (Foto: Kaspersky)

Menggali lebih dalam, alasan ketidakseimbangan ini menjadi lebih jelas. Ketika responden perempuan ditanyai tentang fungsi sehari-hari yang mengurangi produktivitas atau kemajuan pekerjaan, 66% mengatakan sebagian besar dilakukan untuk membersihkan rumah, 68% bertanggung jawab atas sekolah di rumah dan 56% harus menyesuaikan jam kerja mereka untuk menjaga keluarga. Akibatnya, 48% perempuan percaya bahwa efek Covid-19 sebenarnya telah memperlambat, bukannya meningkatkan, kemajuan karier mereka secara umum.

Efek pandemi nyatanya sangat berbeda bagi para perempuan. Beberapa menghargai fleksibilitas yang lebih besar dan meminimalisir perjalanan dari bekerja di rumah, sementara yang lain berbagi bahwa mereka di ambang kelelahan. Perusahaan harus memastikan pemangku kepentingan seperti para manajer dapat membangun strategi selaras untuk mendukung karyawan berupa pertanggung jawaban dan perhatian penuh kepada mereka .

Tren signifikan lainnya yang muncul akibat pandemi adalah kehadiran karyawan jarak jauh dan hibrida dalam organisasi secara bersamaan. Ini bisa menjadi tantangan bagi para pekerja perempuan yang bekerja dari jarak jauh karena mereka mungkin memeroleh akses lebih sedikit ke manajemen puncak yang bekerja dari kantor. Sehingga ini berpotensi mengurangi kesempatan mereka untuk mendapatkan tugas tambahan yang mengarah pada promosi, misalnya. Perusahaan harus menyadari dampak tersebut dan membuat perencanaan untuk meminimalkannya,” komentar Dr Patricia Gestoso, Head of Scientific Customer Support di BIOVIA, pemenang Women in Software Changemakers 2020, dan anggota inti dari jaringan para perempuan profesional, Ada’s List.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.