Rabu, 24 April 24

Eddy Satriya Sebut Pemerintah Tengah Tingkatkan Akses Masyarakat terhadap Kredit Pelaku UMKM

Eddy Satriya Sebut Pemerintah Tengah Tingkatkan Akses Masyarakat terhadap Kredit Pelaku UMKM
* Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI Eddy Satriya saat memaparkan di acara Indonesian CEO Talk. (Foto: Sutanto/obsessionnews)

Obsessionnews.com – Obsession Media Group (OMG) kembali menggelar Indonesian CEO Talk di ruang Candi Prambanan, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (28/7/2022). Acara ini bertemakan ‘Mendorong Peran Swasta dan BUMN dalam Menggerakkan Ekonomi Nasional Melalui Realisasi Stimulus Bagi UMKM.

Baca juga: Pemerintah Pulihkan Ekonomi Nasional Lewat UMKM, John Kosasih: Ini Langkah yang Tepat

Talk show ini menghadirkan Menteri Koperasi UKM RI Teten Masduki sebagai opening speaker mewakili Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah pembicara yang kompeten yaitu Eddy Satriya, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI, John Kosasih selaku Direktur BCA, Fetty Kwartati CEO Sarinah dan Imlahyudin, Ketua Koperasi UMKM Indonesia Sejahtera.

Dalam kesempatan tersebut Eddy mengungkapkan, di kuartal pertama 2022 pemerintah berhasil mengatasi krisis ekonomi nasional usai hantaman badai Pandemi Covid-19. Capaian pertumbuhan ekonomi tersebut, hampir sama dengan level sebelum Covid-19, yakni 5,01%.

Baca juga: Usamah Hisyam Ajak Seluruh Komponen Masyarakat Bangkitkan Ekonomi Nasional

Dalam proses mencapai pertumbuhan ekonomi tersebut, pemerintah telah membantu sektor usah mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk berkembang, walaupun banyak perusahaan swasta dan BUMN menghadapi kendala-kendala.

“Nah artinya, pemerintah memang sudah berhasil menggandengkan kembali antara ekonomi dan kesehatan, itu yang pertama yang ingin kami sampaikan,” ujar Eddy.

Yang kedua, lanjut Eddy, tentu saja program-program lainnya diharapkan setelah kondisi Covid-19 ini tercapai.

Baca juga: Teten Masduki: Pemerintah Terus Mendorong Perluasan Pasar dan Digitalisasi bagi UMKM

“Yang saya saksikan, terakhir kami ke Labuan Bajo, itu sampai ngantri naik ke Pulau Padar, kemudian juga kapal-kapalnya bersandar menurunkan penumpang di Pulau Komodo itu juga ngantri,” ungkapnya.

Artinya apa? Para Wisatawan Mancanegara (Wisman) sudah berseliweran atau berdatangan kembali ke Indonesia.

“Jadi kita sangat-sangat terpacu sebenarnya ketika kita sampai di daerah melihat salah satu destinasi wisata prioritas ternyata sudah menggeliat kembali,” ucapnya.

Tak hanya itu, cerita soal Citayam Fashion Week yang menjadi viral itu juga dapat membuka mata pemerintah yang asalnya dari kaum milenial dan juga dari sektor-sektor yang tidak terduga sebelumnya.

“Artinya apa? Pemerintah harus membuka mata, tetap menyediakan lahan-lahan terbuka untuk masyarakat beraktivitas, di samping lahan olahraga. Ini komentar saya terkait dengan hal ini,” ucapnya.

Pemerintah juga melanjutkan program-program untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap kredit pelaku UMKM. “Terhadap kredit yang bisa memang di tingkatkan melalui KUR komersil dan lain-lain sebagainya,” ungkap Eddy. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.