Minggu, 2 Oktober 22

ECI Gaungkan Indonesia Perlu Program Mentoring Entrepreneur

ECI Gaungkan Indonesia Perlu Program Mentoring Entrepreneur

Jakarta, Obsessionnews.com – Entrepreneurship merupakan sebuah semangat dan aktivitas yang banyak dilakukan oleh para pebisnis rintisan. Founder Enterpreneur Club Indonesia (ICE) Pinpin Bhaktiar mengatakan, Indonesia perlu melahirkan program mentoring bisnis bagi entrepreneur dalam skala nasional.

“Mungkin dimulai dari deklarasi gerakan entrepreneur mengajar, yang didukung dari seluruh stakeholder entrepreneurship, agar ini menjadi tonggak yang diharapkan untuk mengakselerasi hadirnya program mentoring nasional,” kata Pinpin dalam keterangan tertulis yang diterima Obsessionnews, Kamis (1/9/2016).

Menurutnya, sesungguhnya ECI telah melihat begitu banyak para pengusaha yang tergerak hatinya untuk jadi mentor dan itu perlu dikonsolidasikan, serta diperlukannya persiapan modul bagi sang mentor tersebut dalam proses mentoringnya.

“Oleh sebab itu, ECI melihat 1 atau 2 tahun kedepan program mentoring nasional sekiranya bisa hadir bagi para entrepreneur ditanah air ini,” jelas Pinpin yang baru-baru ini menjadi mentor Gerakan Muda Indonesia Berbisnis (GIMB) entrepreneur school di Bandung.

Bayangkan, lanjut Pinpin, skala mereka yang masih sangat kecil sehingga seringkali mereka belum memiliki orientasi yang kuat atas apa yang mereka lakukan saat ini. Apalagi arah kedepannya. Oleh sebab itu, para entrepreneur ini membutuhkan mentor.

Sementara founder GIMB entrepreneur school, Agus Santoso yang membawahi 2000 entrepreneur binaan di Bandung mengatakan hal yang sama. Dimana para entrepreneur membutuhkan mentor, hanya saja para mentor sangat terbatas jumlahnya.

“Sehingga GIMB walau memiliki mentor internal mereka juga tetap membutuhkan dukungan mentor lebih banyak lagi,” ucap Agus.

Itulah sebabnya GIMB mengadakan program mentoring bagi 20 peserta pebisnis pemula alias entrepreneur yang menghadirkan mentor dari eksternal.

Selain itu, Kepala Bidang (kabid) Kepemudaan Dinas Olah Raga Kota Bandung, Sony  Teguh Prasatya menuturkan, mentoring bisnis sangat bermanfaat karena polanya sangat dekat dengan personal.

“Jadi lebih efisien dan efektif,  membahas hal yang secara langsung dibutuhkan secara komunikatif dan interaktif,” pungkas Pendiri Bandung Youth Forum ini. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.