Rabu, 29 September 21

Dwi: Hasil Audit Petral Tak Temukan Penyelewengan

Dwi: Hasil Audit Petral Tak Temukan Penyelewengan

Jakarta, Obsessionnews – Dalam melaksanakan audit forensik terhadap Pertamina Energy Trading Limited (Petral) beserta dua anak usaha lainnya masing-masing Pertamina Energy Resources (PES) dan Zambesi Ltd, PT Pertamina mengghelontorkan dana sebesar 1 juta dolar Amerika Serikat (AS). Namun, penunjukkan auditor sudah melalui proses tender.

Dalam keterangan persnya di kantor pusat PT Pertamina di Jakarta, Senin (9/11) kemarin, sang Direktur Utama perusahaan minya dan tambang milik negara Dwi Soetjipto, mengatakan, demi mendapat hasil obyektif pihaknya menunjuk Kordamentha, perusahaan audit asal Australia untuk melakukan audit forensik.

Mekanisme tender yang digelar, dia bilang Kordamentha mampu menyingkirkan Ernest and Yoyng, Price Waterhouse Coopers, KPMG serta Deloitte dalam proses tender yang dilakukan. Sebelumnya, Pertamina mengundang belasan perusahaan audit namun hanya enam yang mengajukan penawaran.

Setelah dilakukan pendalaman, biaya paling rendah ditawarkan Kordamentha. Bahkan perusahaan ini memberi jaminan memenuhi standar yang diinginkan Pertamina.

Hasil audit Kordamentha, rupanya tak menemukan adanya kerugian negara termasuk nama sosok yang diduga berkolusi dalam pengadaan minyak mentah serta bahan bakar minyak impor.

Lebih lanjut Dwi mengatakan kalau hasil audit rupanya tak mampu membuktikan siapa pejabat internal di Pertamina yang berperan dalam penentuan pemenangan tender hingga pembocor info rahasia. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.