Senin, 20 September 21

Dunia Usaha Berkembang, Koperasi Harus Tetap Eksis

Dunia Usaha Berkembang, Koperasi Harus Tetap Eksis

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga memberikan sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) kepada 147.249 unit koperasi dari perwakilan 34 provinsi. Menkop mendorong supaya koperasi terus eksis dan berkembang ditengah lanjunya perkembangan dunia usaha nasional maupun global.

“Kegiatan ini merupakan tanggungjawab kita bersama, baik pusat maupun daerah untuk dapat direalisasikan secara sinergis, karena kita mempunyai tugas yang sama yaitu memperdayakan koperasi dan UKM,” ujar Puspayoga di kantornya, Selasa (26/5/2015).

Menkop mengatakan koperasi yang diberikan sertifikat NIK adalah koperasi yang tergolong aktif, baik secara kelembagaan maupun bidang usahanya. Koperasi tersebut selanjutnya akan diprioritaskan sebagai target sasaran di dalam pelaksanaan program-program kementerian.

“Disamping itu akan didorong bermitra dengan lembaga lain seperti BUMN, BUMD maupun swasta dengan prinsip saling menguntungkan dan juga akan dijadikan contoh bagi koperasi lainnya dalam meningkatkan kapasitas dan kualitasnya,” kata Menkop.

Selain itu, lanjut Puspayoga perkembangan dunia usaha ke depan menuntut setiap pelaku usaha untuk mampu meningkatkan kualitas koperasi dengan didukung program-program tiada koperasi tanpa IT (Information Teknology).

“Melalui program ini, selain untuk meningkatkan efektifitas pemberdayaan koperasi, juga untuk memacu produktifitas usaha koperasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi,” tandasnya.

Dia menyebutkan dari jumlah koperasi aktif yang telah diberikan sertifikat NIK, sebanyak 80.008 unit atau sekitar 54,34 persen sudah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), sisanya 45,66 persen belum melaksanakan RAT.

“Mudah-mudahan koperasi yang aktif itu bisa menjadi contoh bagi kop yang lain dan koperasi yang besar bisa angkat koperasi yang lain dengan cara harus pasang iklan. Kita harus berani angkat supaya semakin banyak orang menjadi anggota koperasi,” tutur dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.