Rabu, 8 April 20

Dunia Berduka Atas Bencana Tsunami Selat Sunda

Dunia Berduka Atas Bencana Tsunami Selat Sunda
* Petugas mengumpulkan jenazah korban tsunami Selat Sunda di Pandeglang, Banten. (Foto: beritasatu.com).

Jakarta, Obsessionnews.com – Bencana tsunami yang terjadi di perairan Selat Sunda yang menewaskan lebih dari 222 orang, 843 orang luka-luka, dan 28 orang hilang itu ikut menyita perhatian dunia. Sejumlah pemimpin dunia pun menyampaikan dukacita kepada keluarga korban di Indonesia.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melalui akun Twitter-nya @realDonaldTrump, menyampaikan duka cita atas bencana tersebut. Dia mendoakan agar para korban selamat segera sembuh.

 

Baca juga:

Belum Pasti Penyebabnya, Tsunami di Selat Sunda Peristiwa Langka

Jokowi Sampaikan Duka Cita untuk Korban Tsunami Selat Sunda

 

“Kehancuran yang tak terpikirkan dari bencana tsunami di Indonesia. Lebih dari dua ratus orang tewas dan hampir seribu orang terluka atau tidak terhitung jumlahnya. Kami berdoa untuk perbaikan dan penyembuhan. Amerika ada bersamamu!” cuit Trump, Senin (24/12/2018).

Selain Trump, PM India Narendra Modi juga menguncapkan belasungkawa atas tsunami tersebut. Dia mengatakan India siap membantu proses pembangunan pasca bencana.

“Sedih dengan hilangnya nyawa dan kehancuran di Indonesia yang disebabkan oleh tsunami setelah letusan gunung berapi. Belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan dan berharap yang terluka pulih lebih cepat. India siap membantu tetangga dan teman maritim kita dalam pekerjaan bantuan. @jokowi,” tulis Modi dalam akun Twitter-nya @narendramodi.

Berikutnya Wakil PM Malaysia Wan Azizah Wan Ismail juga menyampaikan rasa duka atas tsunami di Indonesia. Dia berharap kelurga korban tetap tabah dalam menghadapi bencana.

“Terkesan mendengar berita tsunami melanda Banten Indonesia yang sekurangnya telah mengorbankan 20 nyawa. Saya doakan Indonesia terus tabah menghadapi ujian ini. Malaysia sedia membantu meringankan beban saudara kita di Indonesia. @jokowi #PrayForIndonesia,” tulis Wan Azizah di akun Twitter-nya @drwanazizah.

Presiden Russia Vladimir Putin mengucapkan keprhatinannya kepada Indonesia, dia berharap Indonesia dapat pulih kembali setelah adanya bencana ini.

“Rusia ikut bersedih atas negara sahabat Indonesia. Saya meminta Anda untuk menyampaikan ucapan simpati dan dukungan kepada kerabat dan teman yang kehilangan, dan saya berhadap semua yang terluka akibat bencana bisa pulih secepatnya,” ucap Putin melalui pesan telegram.

Selain Putin, Perdana Menteri Australia Scott Morisson juga menyampaikan duka yang mendalam. Dilihat dari akun twitter resminya @ScottMorrisonMP, dia mengatkan siap untuk membantu Indonesia.

“Hari yang sangat sulit bagi teman-teman kita di Indonesia. Pikiran kami ditujukan kepada semua yang kehilangan orang yang dicintai, yang terluka dan semua keluarga mereka. Seperti biasa kami siap membantu sesuai kebutuhan,” tulis akun twitter Scott.

Tidak hanya para pemimpin dunia, Paus Fransiskus juga mendoakan korban tsunami. Dia meminta masyarakat dunia untuk mendukung para korban tsunami yang memakan korban di Indonesia.

“Yang telah dilanda serangkaian bencana alam yang hebat, yang telah menyebabkan banyak kematian, banyak orang hilang, banyak pemindahan dan kerusakan material yang cukup besar,” ucap Paus.

Dia juga meminta semua orang untuk bergabung dan berdoa bagi para korban dan orang-orang yang mereka cintai untuk mereka yang terkena dampak tragedi itu. Hal ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas masyrakat dunia.

“Permohonan saya adalah agar saudara dan saudari ini mungkin tidak kekurangan solidaritas kita dan dukungan dari Komunitas Internasional,” katanya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.