Sabtu, 19 Oktober 19

Dumasi MM Samosir Berdedikasi dan Tebarkan Semangat Berbagi

Dumasi MM Samosir Berdedikasi dan Tebarkan Semangat Berbagi
* Direktur PT Asuransi Sinar Mas Dumasi MM Samosir. (Foto: Fikar Azmy)

Bekerja selama 29 tahun di dunia asuransi memberikan kesan mendalam bagi pemilik nama lengkap Ir. Dumasi Marisina Magdalena Samosir, AAI(K), AAAI(J), QIP, ICPU, ICHU, CRGP, CWM ini. Sebelum bergabung dengan PT Asuransi Sinar Mas (ASM), lulusan teknik sipil Universitas Katolik Parahyangan tersebut sempat bekerja di perusahaan kontraktor.

Namun, dia mencoba kemampuan dan melihat tantangan saat melamar ke program Management Development Program (MDP) di ASM. Menjejakkan kaki di dunia asuransi, dia mendapatkan inspirasi bahwa industri asuransi berkaitan dengan beragam ilmu dan dapat diaplikasikan dengan bermacam aspek. Dia pun merasa beruntung sempat mendapatkan wawasan lebih saat menjadi sekretaris direksi dan komisaris, hingga memahami cara-cara berurusan dengan reasuransi di luar negeri. Demikianlah hingga kariernya semakin menanjak seiring pencapaiannya di ASM.

Pengalaman tersebut menuntunnya mengepalai berbagai bidang di ASM hingga menjabat direktur sekaligus corporate secretary. ASM sendiri merupakan perusahaan asuransi umum yang menjadi market leader di industri asuransi di Indonesia.

Meskipun perkembangan dunia asuransi tahun lalu tidak begitu baik, bahkan beberapa sektor cenderung menurun, namun ASM justru meningkat.

“Puji Tuhan, di tengah keadaan menantang tahun lalu, kami mengalami peningkatan premi dari Rp5,7 triliun menjadi Rp7,4 triliun. Ini merupakan sesuatu yang luar biasa. Semester satu tahun 2019 ini pun sangat membahagiakan karena premi kami naik 46% dari Rp3,8 triliun menjadi Rp5,5 triliun. Dengan demikian target kami tahun 2019 ini Rp7,9 triliun besar kemungkinannya terlampaui,” ujar Dumasi.

Pada tahun 2019 ini ASM fokus pada semua lini bisnis, inovasi produk baru, dan mempermudah akses kecepatan layanan kepada para nasabah.

Dalam mengoordinasi karyawan, Dumasi menekankan pada nilai-nilai perusahaan. “Perusahaan kami sejak awal telah menentukan core values yang berasal dari founding father Sinar Mas, Bapak Eka Tjipta Widjaja. The Six (6) Shared Values Sinar Mas tersebut terdiri dari integrity,

positive attitude, commitment, continuous improvement, innovative, dan loyal kami internalisasikan ini kepada seluruh karyawan setiap hari. Saling berbagi pengalaman dalam menginternalisasi sehingga nilai-nilai tersebut tidak hanya dihafal, tetapi juga diterapkan dalam pekerjaan maupun hubungan dengan klien sehari-hari,” paparnya.

Dia menyebutkan contohnya saat seorang claim surveyor diberikan tips atas pelayanan kepada klien, karyawan bisa menjelaskan bahwa layanan tersebut tidak perlu berbayar dan tak diperbolehkan menerima uang ataupun imbalan. Dengan demikian integritas pun akan terjaga.

Dia melanjutkan,“Salah satu dari enam shared values kami adalah innovative, terdiri dari benchmarking dan breakthtrough. Benchmarking, yaitu melihat ke berbagai bidang ataupun industri lain apa yang mereka lakukan untuk efisiensi dan pertumbuhan yang tidak biasa. Dari situ karyawan akan datang dengan ide baru dalam bidang yang digelutinya kemudian menjadi breakthrough, yaitu gagasan terobosan sebagai inovasi.”

Tak hanya itu, sebagai pribadi, dia memiliki prinsip sendiri. “Saya memiliki slogan yang saya terapkan sehari-hari yaitu be thankful. Bersyukur ini bagi saya bukanlah ‘nrimo’. Justru kita bersyukur kepada Tuhan atas talenta yang dimiliki dan tugas yang diemban. Sambil berusaha melakukan yang terbaik dalam mengembangkan talenta tersebut dan menjalankan tugas sehari-hari, sehingga hidup kita bisa selalu menjadi berkat bagi orang lain,” ungkap Dumasi.

Contohnya memastikan perusahaannya membayar klaim secara cepat dan tepat. Dumasi mengisahkan saat dia terjun langsung di hari ketiga pasca bencana gempa Padang tahun 2009. Bersama tim dari Jakarta dia menyisir objek-objek pertanggungan yang dijamin oleh ASM dan dalam kurang dari dua minggu hampir semua klien yang terdampak telah terbayar klaim asuransinya. Dia pun tak ragu harus bolak-balik ke Padang.

Dia juga secara aktif turun dalam kegiatan CSR dan literasi keuangan kepada lebih dari 100.000 petani, nelayan, siswa, guru dan lainnya, bahkan sampai ke desa-desa termasuk ke Indonesia bagian Timur, seperti Papua. Kegiatan CSR yang dilakukan pun sangat kreatif termasuk melakukan aktivitas yang menyenangkan sebagai trauma healing bagi para korban bencana seperti di Palu. Dumasi tak segan ikut mencuci rambut para pengungsi sambil bermain dan memberikan edukasi keuangan sebagai bagian dari literasi keuangan.

Selain itu, dia juga menggagas upaya memperkuat kemandirian ekonomi masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, melalui Rumah Kreatif yang didirikan di Dolok Sanggul. Ini merupakan bentuk dukungan ASM dalam pengembangan Danau Toba sebagai salah satu destinasi super prioritas dari program 10 Bali baru yang dicanangkan Presiden Jokowi.

Dumasi melalui Rumah Kreatif menciptakan puluhan pegiat seni baru untuk berbagai kriya seperti Humbang Shibori yang dibuat dengan metode seni ikat celup, Tenun Songket Humbang, Humbang Batiq dan Humbang EcoPrint yang semuanya menggunakan konsep Eco Fashion alias menggunakan bahan dan pewarna alam. Humbang Shibori bahkan telah mendapat panggung di Jakarta Fashion Week 2019 dan menjadi salah satupilihan pencinta eco fashion.

Selain peran sebagai wanita karier, dia juga menghayati peran sebagai seorang ibu rumah tangga. Memiliki dua putra dan satu putri, dia intens memantau buah hati. Dia berkaca dari pengalamannya menerima cinta yang luar biasa dari kedua orang tua dahulu, sehingga membuatnya ingin mencurahkan perhatian serupa kepada ketiga buah hati.

Berbicara tentang obsesi di masa depan, Dumasi berharap leluasa mengisi waktunya sambil berkebun dan mengajar.

“Saya mempunyai mimpi, ketika pensiun nanti, saya bisa meluangkan waktu mengajari orang lain yang tidak mampu. Mengajar apa saja yang saya bisa, agar hidup saya bermanfaat,” harapnya. (Asmara Alia)

Artikel ini dalam versi cetak dimuat di Majalah Women’s Obsession Edisi Agustus 2019 dengan tema “17 Perempuan Tangguh 2019”

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.