Rabu, 8 April 20

Dukung TGB, PDIP: Ayat Perang Tak Boleh untuk Politik

Dukung TGB, PDIP: Ayat Perang Tak Boleh untuk Politik
* Ketua Bidang Keagamaan DPP PDIP Hamka Haq.

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua Bidang Keagamaan DPP PDIP Hamka Haq mendukung pernyataan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi yang menyatakan agar ayat-ayat perang dalam Alquran tak dipakai untuk kepentingan politik. 

“Ayat perang itu kan ayat-ayat yang turun pada suasana perang. Tentu pengertiannya dalam suasana perang itu juga, tidak boleh diberikan penafsiran yang menyangkut secara umum,” ujar Hamka, Sabtu (7/7/2018) malam.

Hamka mengatakan, konteks ayat perang dalam surat Al-Maidah ayat 51 tidak bisa ditafsirkan kepada persoalan yang lebih umum. Menurut Hamka, konteks dalam ayat tersebut bukan larangan memilih pemimpin dari kalangan nonmuslim berdasarkan sudut pandang yang luas.

“Coba diperiksa asbabun nuzul ayat seperti itu dalam suasana perang. Maksudnya umat Islam dilarang mengambil panglima perang dari Muslim kalau diserang musuh,” papar anggota Komisi Agama DPR ini.

TGB yang juga Ketua Alumni Universitas Al-Azhar Kairo Cabang Indonesia meminta agar ayat-ayat perang dalam Alquran tak dipakai untuk kepentingan politik. Dia menegaskan Indonesia sedang tidak berperang.

Selain itu, TGB juga mengimbau mereka yang berpolitik tidak menyebut lawan politiknya sebagai kafir. Dia menyatakan semangat berpolitik adalah semangat untuk saling mengenal dan mengisi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.