Minggu, 16 Mei 21

Dukung Pengembangan Layanan Halal, BPJPH Jajaki Penggunaan Artificial Intelligence

Dukung Pengembangan Layanan Halal, BPJPH Jajaki Penggunaan Artificial Intelligence
* Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) terus berikhtiar meningkatkan layanan jaminan produk halal. (Foto: Humas Kemenag)

“Pelatihan pendamping atau mentor halal bagi UMK juga akan jauh lebih mudah dengan penggunaan teknologi. Bahkan virtual reality (VR) yang dikembangkan AiCI bekerjasama dengan UMG Idea Lab menginspirasi kami untuk promosi halal, virtual tour, expo produk halal, hingga rancangan web yang digitalized-based,” lanjutnya.

Sementara itu Co-Founder dan Direktur AiCI Baiq Hana Susanti, mengatakan pihaknya sangat berkomitmen  membantu BPJPH sebagai badan pemerintah yang menjalankan tugas menyelenggarakan JPH. AiCI sendiri, lanjutnya, adalah lembaga yang didirikan atas kerja sama UMG IdeaLab Indonesia dengan FMIPA Universitas Indonesia. Tujuannya mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di bidang artificial intelligence untuk membangun kapabilitas bangsa menyambut revolusi industri 4.0.

Baiq menuturkan, pihaknya siap bekerja sama dengan BPJPH. Misalnya, melaksanakan program pelatihan untuk penyelia halal, juru sembelih halal, pendampingan usaha mikro, kecil, dan menengah  (UMK), dan sebagainya. Kerja sama terkait pemeriksaan dan pengujian produk halal, virtual tour untuk rumah potong hewan (RPH) halal, pengembangan aplikasi, dan sebagainya.

“Kita tahu, untuk UMKM yang ada di Indonesia saja jumlahnya jutaan, karena itu tidak mungkin kalau (layanan jaminan produk halal) ini tidak melibatkan teknologi. Kami siap kolaborasi dengan BPJPH,” tandas Baiq. (red/arh)

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.