Selasa, 7 Desember 21

Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Kementerian PUPR Rehabilitasi DI Bendung Glapan

Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Kementerian PUPR Rehabilitasi DI Bendung Glapan
* Daerah Irigasi (DI) Bendung Glapan di Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Demak, Jawa Tengah. (Foto: FB Kementerian PUPR)

Jakarta, obsessionnews.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung program ketahanan pangan nasional melalui pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi. Salah satunya dengan merehabilitasi jaringan irigasi pada Daerah Irigasi (DI) Bendung Glapan di Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng), yang merupakan salah satu lumbung padi nasional.

Dikutip dari akun Facebook Kementerian PUPR, Kamis (21/10/2021), disebutkan Bendung Glapan dibangun pada 1852 di masa pemerintahan kolonial Belanda dan memiliki luas areal 18.740 ha. Kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi DI Glapan sudah dimulai sejak 2018 yang meliputi pekerjaan normalisasi bagian hulu serta normalisasi dan perkuatan tebing saluran induk dan sekunder. Selain itu juga dilakukan rehabilitasi bangunan rumah jaga bendung, rumah genset, rumah pintu, mekanisasi pintu intake, serta pekerjaan parapet di hulu Bendung Glapan.

Pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi DI Glapan ini direncanakan rampung pada 2023 dan diharapkan dapat meningkatkan luas areal tanam di Jateng, khususnya Grobogan dan Demak. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.