Minggu, 23 Januari 22

Dua Unit Pesawat Indonesia Diserahkan ke Filipina

Dua Unit Pesawat Indonesia Diserahkan ke Filipina
* Pesawat NC212i produksi PT Dirgantara Indonesia diserahkan ke Filipina. (Dok: Twitter @KemenBUMN).

Jakarta, Obsessionnews.com – Dua unit pesawsat NC212i, produksi dari PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PT DI diserahkan ke Angkatan Udara Filipina di Hangar Haribon, Clark Air Base, Filipina. Negara yang merdeka pada 4 Juli 1946 ini sebelumnya juga pernah membeli pesawat dari Indonesia.

Dua unit pesawat NC212i ini merupakan proyek akuisisi pesawat terbang angkut ringan bersayap tetap di bawah Program Modernisasi Angkatan Bersenjata Republik Filipina.

Pada 26 Juni yang lalu telah dilangsungkan penyerahan dua unit pesawat NC 212i oleh @officialptdi ke Angkatan Udara Filipina. Pesawat ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan Angkatan Udara Filipina dan memiliki peran penting untuk mendukung tugas operasi Angkatan Udara Filipina,” kicau akun Twitter @KemenBUMN, Kamis (28/6/2018).

Saat ini perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu telah menjadi produsen tunggal untuk pesawat keluarga NC212. Banyak keunggulan yang dimiliki pesawat terbang ringan ini, baik untuk angkut sipil hingga kebutuhan militer.

NC212i adalah pesawat multiguna generasi terbaru dari pesawat NC212 yang memiliki kapasitas 28 penumpang. Memiliki ramp door, kabin yang luas dikelasnya, sistem navigasi, dan komunikasi yang lebih modern.

Dengan Digital Avionic dan telah dilengkapi Autopilot, memudahkan seorang pilot melakukan konfigurasi terbang. Selain itu, dengan winglet (sayap tambahan) dapat mengurangi hambatan udara di sekitar ujung sayap.

Pesawat ini memiliki dua mesin turboprop TPE331 produksi Honeywell, yang  dapat lepas landas dan naik secara lebih cepat di runway yang pendek, mencapai kecepatan jelajah (cruise speed) lebih efisien.

Selain harganya yang murah, pemakaian bahan bakar pesawat ini  lebih hemat, dan menekan biaya operasi.

Penyerahan pesawat tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu. Serah terima dilakukan oleh  Direktur Utama PT DI Elfien Goentoro kepada Departemen Pertahanan Filipina yang diwakili Kasau Filipina Letgen Galileo Gerard R Kintanar JR AFP.

Turut hadir Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (LBBP RI) untuk Republik Filipina HE Dr. Sinyo Harry Sarundajang. (Popi)

 

Baca juga:

Dirgantara Indonesia Sepakat Jual Pesawat ke Dua Negara Afrika

Dirgantara Indonesia Jalin Kerja Sama dengan 8 Perusahaan dan Pemda

Enam Pesawat Baru Produk PTDI Perkuat TNI

PT DI Berencana Serahkan Enam AS550 Fennec ke Kemhan RI

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.