Rabu, 25 Mei 22

Dua Tower Rusun Siap Dibangun, Tampung Warga Korban Banjir Garut

Dua Tower Rusun Siap Dibangun, Tampung Warga Korban Banjir Garut

Garut, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi memutuskan segera membangun dua unit tower rusun untuk menampung warga korban banjir bandang dan tanah longsor di Garut, Jabar. Hal itu diputuskan Jokowi setelah mendapat laporan dari Bupati Garut Rudy Gunawan bahwa warga tidak keberatan direlokasi.

“Ya kita putuskan dan juga untuk pembangunan secepat-cepatnya dua tower rusun yang nanti segera ditempati masyarakat,” ujar Jokowi usai meninjau RUSD dr Slamet, Garut, Kamis (29/9/2016).

Presiden Jokowi mengatakan tempat pemukiman warga di bantaran sungai Cimanuk sangat rawan terjadi banjir, karena itu untuk menyelamatkan warga, pilihan yang paling mungkin dilakukan adalah relokasi warga.

“Dan juga di Sumedang juga sama tapi rusun atau tidak rusun akan dicek di lapangan,” jelas Presiden.

Pemerintah daerah telah menentukan sebuah rusun untuk dijadikan tempat relokasi. Rusun tersebut milik Kementerian PUPR yang sudah dihibahkan ke pemda. Sementara satu rusun lagi masih dalam pencarian lokasi.

Selian rusun, Presiden Jokowi juga memastikan akan membangun tanggul penahan banjir, sarana air bersih maupun rumah sakit dan sekolah. Khusus untuk pembangunan rumah sakit masih dalam proses perhitungan. Belum diputuskan apakah relokasi atau tidak.

“Karena ini adalah daerah yang rawan bencana atau akan direlokasi ke tempat lain. Tadi saya sampakan ke pa bupati kalau ada lahan yang aman akan lebih bagus dibangun di tempat itu tapi lahan belum ketemu, jadi belum diputuskan yang ini,” katanya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.