Rabu, 1 Desember 21

Dua Tahun Perjuangan, Masyarakat Kendeng Gelar Aksi Depan DPRD

Dua Tahun Perjuangan, Masyarakat Kendeng Gelar Aksi Depan DPRD

Semarang, Obsessionnews – Puluhan warga yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng, Kabupaten Pati menggelar aksi damai di depan gedung DPRD Jateng memperingati 2 tahun pendirian tenda penolakan di wilayah pembangunan pabrik semen.

Massa datang menyanyikan Kidung Kendeng sembari meneriakkan yel-yel penolakan. Koordinator aksi, Joko Prianto mengatakan, rencana pembangunan pabrik semen dapat merusak kawasan karst dan berakibat krisis air.

“Pengeksploitasian sumber daya alam atas nama pembangunan berakibat pada kehancuran dan kepunahan nilai-nilai ekosistem,” ujarnya, Kamis (16/6/2016).

Menurutnya, kawasan karst sudah sepantasnya dilindungi. Kebijakan pemerintah provinsi Jawa memiliki andil besar dalam penyelamatan dari kehancuran krisis air.

“Melalui perda nomor 6 tahun 2010 tentang RT/RW Provinsi Jateng yang sedang dibahas kembali pada tahun ini, harus menetapkan kawasan karst sebagai kawasan lindung,” tegas Joko.

Selain itu, masyarakat juga diwajibkan ikut dalam pembuatan perda tata ruang tersebut. Joko berharap, melalui perda terbaru dapat membuat kawasan kart masuk sebagai kawasan lindung sehingga pembangunan pabrik semen dapat dibatalkan.

Acara berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Selain berorasi, massa juga mengadakan aksi teatrikal dan di hadiri langsung oleh 9 wanita Kendeng yang sebelumnya nekat melakukan aksi cor kaki di depan istana. (ihy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.