Sabtu, 20 April 24

Dua Suporter Persib Tewas, Piala Presiden Bisa Dihentikan

Dua Suporter Persib Tewas, Piala Presiden Bisa Dihentikan
* Penonton menyemut saat pertandingan Persib vs Persebaya di Bandung. (Maenbal.co/Goal.com)

Akibat tewasnya dua suporter Persib saat berdesakan di Gelora Bandung dalam laga lawan Persebaya, Ketua Organizing Committee (OC) Piala Presiden 2022 Akhmad Hadian Lukita menyatakan pihaknya sedang mendalami meninggalnya pendukung Persib tersebut. Ia pun menyebut mungkin saja Maung Bandung tidak lagi jadi tuan rumah.

Penyelenggara Piala Presiden 2022 menyerahkan semua keputusan kepada pihak berwajib.

Duel Persib kontra Persebaya Surabaya dalam lanjutan Grup C Piala Presiden 2022, berakhir dengan kesedihan. Dua Bobotoh yakni Ahmad Solihin dan Sopiana Yusuf meninggal dunia.

Kedua orang tersebut meninggal dunia akibat berdesakan saat mau masuk Stadion Gelora Bandung Lautan (GBLA), Jumat (17/6/2022) malam. Kondisi tempat itu tidak terkendali setelah penonton membludak dan yang tidak punya tiket memaksa masuk.

“Itu tergantung rekomendasi kepolisian, yang mau mengatur otoritas keamanan di sini. Kalau tidak boleh ya, kan kita bakal pindah. Kalau masih boleh, semua catatan bakal kita ikuti,” kata Lukita saat dihubungi awak media.

Selain itu, Lukita menyatakan belum tahu nasib Piala Presiden 2022 lanjut atau tidak setelah dua pendukung Persib wafat. Ia menyerahkan semua keputusan kepada kepolisian.

“Kita masih koordinasi dengan kepolisian, harapan saya tetap berlanjut tapi dengan pendekatan yang berbeda lah. Soal adanya penonton kita serahkan kepada aparat keamanan kan,” ucapnya.

Lukita, menyarankan untuk sementara Grup C Piala Presiden 2022 tidak dihelat tanpa penonton. Langkah ini dilakukan untuk mencegah sesuatu yang tak diinginkan.

Sementara untuk kota lainnya yang menjadi tuan rumah seperti Samarinda, Malang, dan Solo masih tetap boleh penonon hadir. Sejauh ini pertandingan di ketiga tempat tersebut berjalan lancar.

“Kalau saat ini, menurut saya ya, sementara yang paling bijak ya itu [tanpa suporter]. Karena kita tidak bisa tahu kedepannya, masih ada ini di Bandung, di tempat lain aman kan,” ujarnya.

Adapun dalam pertandingan tersebut Persib berhasil meraih kemenangan. Pasukan Robert Rene Alberts, mencukur Persebaya dengan skor 3-1.

Kabar duka menghampiri sepakbola Indonesia di tengah euforia yang kembali bergelora. Pada laga antara Persib Bandung dan Persebaya Surabaya, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (17/6) malam WIB, dua suporter harus kehilangan nyawanya.

Menpora Amali turut berduka cita dengan tragedi yang terjadi di GBLA, saat sepakbola mulai diselimuti euforia.

Laga yang memakan korban ini mendapat perhatian, termasuk dari pihak pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Tentunya, kini kelangsungan Piala Presiden 2022 jadi dalam sorotan dan dalam pertimbangan, setelah adanya korban.

“Saya turut berduka cita atas meninggalnya penonton sepakbola di Bandung saat menonton pertandingan Persib vs Persebaya. Tentu kita prihatin atas kejadian ini. Padahal pertandingan sepakbola baru saja diizinkan dihadiri penonton langsung di stadion,” ucap Amali.

Ia menambahkan, PSSI dan penyelenggara Piala Presiden mau pun panpel dari Persib sebagai tuan rumah, wajib melakukan investigasi. “Selain itu harus segera dievaluasi tentang SOP yang berlaku di stadion ketika itu, sekaligus melihat lagi pelaksanaan di empat stadion yang sudah berlangsung selama ini.”

“Pemerintah akan menunggu laporan resmi dari PSSI dan PT LIB [Liga Indonesia Baru]. Tidak boleh ini terulang lagi karena, pertandingan masih banyak yang harus dilakukan. Kesiapan panitia daerah juga harus dipastikan pada setiap pertandingan,” harapnya. (Goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.