Jumat, 24 Januari 20

Dua Pesawat Buatan Indonesia Diterima Vietnam

Dua Pesawat Buatan Indonesia Diterima Vietnam
* Pesawat buatan Indonesia. (Dok: indonesian-aerospace)

Jakarta, Obsessionnews.com – Dua unit pesawat NC-212i buatan  PT Dirgantara Indonesia (PTDI) sudah diterima oleh Vietnam. Dari foto yang terungkap, pesawat dengan nomor #8891 dan #8892 ini sudah mendarat di Bandara Gia Lam, Vietnam.

Pesawat diberangkatkan dari Indonesia pada 22 Mei 2018, dilansir laman Alret5 (25/5/2018). Diketahui, PTDI sudah membangun dua unit pesawat NC212i untuk Filipina dan tiga unit untuk Vietnam.

Dalam laman bumn.go.id, Senin (28/5/2018) dijelaskan, pesawat NC-212i memiliki daya angkut 28 penumpang, dilengkapi dengan ramp door (jembatan penghubung antara dermaga dan kapal), kabin yang luas dikelasnya, sistem navigasi dan komunikasi yang lebih modern, serta biaya operasi yang lebih rendah namun kompetitif di pasar pesawat kecil.

NC212i sudah menggunakan Digital Avionic (peralatan elektronik penerbangan yang sudah digital, mencakup seluruh sistem elektronik yang dirancang untuk digunakan di pesawat terbang) dan sudah dilengkapi sistem Autopilot, sehingga memudahkan pilot melakukan konfigurasi terbang. Pesawat juga sudah mengaplikasikan winglet untuk mengurangi hambatan udara di ujung sayap.

Winglet adalah salah satu aksesoris pada sayap pesawat yang memungkinkan penambahan performansi sayap tanpa harus memperlebar wingspan (bentangan sayap pesawat).

Pesawat NC212i dapat juga digunakan sebagai pembuat hujan, patroli maritim dan penjaga pantai. Pesawat generasi sebelumnya C212 berbagai seri telah digunakan lebih dari 600 unit oleh 38 negara diataranya yaitu Thailand, Filipina, Afrika Selatan, Spanyol, Uni Emirat Arab, Cili dan Meksiko. (Popi)

 

Baca juga:

Dirgantara Indonesia Jalin Kerja Sama dengan 8 Perusahaan dan Pemda

Dirgantara Indonesia Sepakat Jual Pesawat ke Dua Negara Afrika

Enam Pesawat Baru Produk PTDI Perkuat TNI

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.