Selasa, 26 Oktober 21

Dua Menteri Beda Mazhab dalam Reshuffle Kabinet Jokowi

Dua Menteri Beda Mazhab dalam Reshuffle Kabinet Jokowi

Jakarta, Obsessionnews –¬†Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam reshufflenya telah menunjuk Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman dan Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian.

Politisi PDI Perjuangan Effendi Simbolon menyampaikan reshuffle yang dilakukan oleh Presiden RI, Jokowi perekonomian Indonesia kini ada dua mazhab yang berbeda.

“Saya melihat pascareshuffle kemarin ada pak Rizal Ramli dengan mazhab kontra-neoliberal di Menko Kemaritiman dan ada pak Darmin Nasution dengan mazhab neoliberalnya di Menko Perekonomian,” ujar Effendi di Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Menurut Effendi, bagaimana mungkin ekonomi nasional bisa berjalan dengan dua mazhab berbeda. Pasalnya, sektor maritim yang dipimpin Rizal Ramli dengan ekonomi yang dipimpin Darmin Nasution semestinya berjalan selaras.

“Bagaimana Rizal Ramli yang kontra-neoliberal dengan Darmin Nasution yang neoliberal bisa nyambung. Susah dong satu kokpit krunya lain mazhab,” katanya.

Dia menyatakan keberadaan orang dengan mazhab ekonomi neoliberal bertolak belakang dengan nawacita Jokowi. Dia menilai semestinya Jokowi bisa menunjuk orang di eranya sendiri untuk posisi Menko Perekonomian.

“Pak Darmin itu era SBY, jamannya Century Boediono dan Sri Mulyani. Pilih dong orang dari era sendiri,” tuturnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah menunjuk Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman dan Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian.
Penunjukan itu dilakukan dalam kesempatan reshuffle atau perombakan kabinet. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.