Minggu, 24 Oktober 21

Dua Holding BUMN Minyak Bumi dan Gas Selesai 2017

Dua Holding BUMN Minyak Bumi dan Gas Selesai 2017
* Menteri BUMN Rini Soemarno.

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengatakan, pihak sedang melakukan proses pembentukan holding BUMN di dua sektor usaha yakni Gas Bumi dan Tambang. Di targetkan penggabungan perusahaan di sektor yang sama dalam satu induk usaha besar itu akan selesai tahun ini.

“Dari kami sudah selesai. Ini proses tinggal jalan. Jadi kami harapkan bulan depan sudah selesai. Yang duluan tambang dulu, jadi tahun ini mungkin ada dua holding, tambang sama migas,” kata Rini di JCC Senayan, Rabu, (20/9/2017).

Rini pun mengakui proses pembentukan holding agak telat karena ada beberapa kendala. Di antara penghambat terbesarnya adalah kesamaan pemikiran dan persepsi antara pemangku kepentingan. “Dalam holding ini yang pertama adalah kesamaan pemikiran dan persepsi. Karena di antara BUMN-BUMN ini tidak sejalan pemikirannya,” tutur dia.

Rini meyakini, dalam pembentukan holding ini, perusahaan pelat merah bisa lebih maju. Sebab, efisiensi dari berbagai faktor bisa terus dilakukan. “Yang utama adalah efisiensi. Kenapa tambang sama tambang? Karena proses hampir mirip semua, sehingga banyak hal yang bisa diefisiensikan,” katanya.

Sementara itu, mengenai permasalahan keuangan masing-masing stakeholder, Rini meyakini akan terkoordinasi dengan lebih baik melalui sistem atau kebijakan yang sudah ditentukan.

“(Financing-nya) no problem. Maksudnya BUMN semakin kuat. Dalam holding ini juga kita harapkan kebutuhan modalnya bisa terkoordinasi di holding-nya. Jadi pemanfaatan dananya lebih efisien dan kebutuhan modal lebih baik,” kata dia.

Di samping penyelesaian dua sektor holdingBUMN pada tahun ini, Rini pun menegaskan pada 2018 akan diselesaikan empat sektorholding BUMN lainnya. “(Tahun depan) perbankan, konstruksi, jalan tol dan perumahan,” jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.