Senin, 27 September 21

Drogba Ingin Jadi Manajer Chelsea

Drogba Ingin Jadi Manajer Chelsea
* Didier Droga telah menyumbangkan 164 gol selama membela Chelsea. (BBC)

Mantan penyerang Chelsea, Didier Drodgba, mengaku punya kesepakatan untuk kembali bergabung dengan klub asal London itu begitu dia menggantung sepatu. Tidak tanggung-tanggung, Drogba ingin menjadi manajer Chelsea.

Drogba kini membela klub Kanada, Montreal Impact, yang berlaga di liga profesional Amerika Serikat Major League Soccer (MLS).

Namun, pada usianya yang menginjak 37 tahun, Drogba amat mungkin pensiun sebagai pemain dalam waktu dekat. Bila saat itu tiba, pria asal Pantai Gading tersebut akan menuju Stamford Bridge.

“Saya ingin mempersembahkan kepada klub yang memberi begitu banyak kepada saya. Saya telah sepakat dengan direktur-direktur klub,” kata Drogba kepada BBC Africa.

Ketika ditanya, peran apa yang akan dia emban, Drogba menjawab: “Mengapa bukan sebagai manajer? Mengapa bukan direktur olah raga, pelatih di akademi atau mungkin penasihat bagi para penyerang?”

Soal peran Drogba di Chelsea pernah disinggung manajer Jose Mourinho. Menurutnya, ada posisi bagi Drogba di Stamford Bridge saat pemain itu memutuskan pensiun.

Untuk the Blues—julukan Chelsea—Drogba telah mencetak 164 gol. Di antara ratusan gol tersebut, gol penalti yang dia cetak pada final Liga Champions pada 2012 menobatkan Chelsea sebagai kampiun Eropa.

Drogba tetap menyokong manajer Jose Mourinho sebagai orang yang tepat untuk Chelsea. (BBC)
Drogba tetap menyokong manajer Jose Mourinho sebagai orang yang tepat untuk Chelsea. (BBC)

Orang yang Tepat
Akan tetapi, penampilan Chelsea di ajang Liga Primer saat ini terseok-seok. Diego Costa dan kawan-kawan mengalami tujuh kekalahan dalam 12 pertandingan dan kini menempati peringkat 15 di Liga Primer.

Kendati demikian, Drogba tetap menyokong manajer Jose Mourinho, yang menurutnya, orang yang tepat dalam mengarsiteki Chelsea.

“Jika klub mempertahankannya, itu berarti Roman Abramovich sebagai pemilik klub berpendapat dia adalah orang yang tepat. Saya pikir para pemain mempercayainya dan dia memberikan yang terbaik untuk mengubah situasi,” kata Drogba.

Pemain yang punya andil dalam mengantarkan Chelsea menjadi juara Liga Primer sebanyak empat kali itu mengaku bekas klubnya kini mengalami masa sulit. Namun, kemenangan melawan Norwich dan Maccabi Tel Aviv mengisyaratkan masa itu segera berlalu.

“Mereka punya kualitas apabila itu menyangkut para pemain dan kualitas ketika menyangkut manajemen. Klub ini biasanya tidak mengalami musim buruk dua kali,” ujar Drogba.

Gelar juara Chelsea pada era Drogba:
– Liga Primer (4): 2004-05, 2005-06, 2009-10, 2014-15
– Liga Champions (1): 2011-12
– Piala FA (4): 2006-07, 2008-09, 2009-10, 2011-12
– Piala Liga (3): 2004-05, 2006-07, 2014-15

(BBC Indonesia)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.