Minggu, 19 September 21

DPUB Siapkan UKM Indonesia Menuju MEA 2015

DPUB Siapkan UKM Indonesia Menuju MEA 2015

Jakarta, Obsessionnews – Dalam Pameran dan Edukasi Produk Ekonomi Kreatif menggelar Talk Show yang bertemakan Hari Indonesia dan Hari ASEAN, di luar Pameran dan Klinik Konsultansi Bisnis.

Talk Show yang diselenggarakan DPUB (Dari Perempuan Untuk Bangsa) ini dibagi dalam tiga bagian, yaitu: Hari Indonesia, Hari ASEAN dan Hari Peran Lembaga Terkait.

Selaku penanggung jawab Talk Show DPUB, Ulla Nuchrawaty menuturkan, Talk Show ini merupakan bagian dari diferensiasi event ini dengan event sejenis. Talk Show yang diselenggarakan DPUB ini dibagi dalam tiga bagian, yaitu: Hari Indonesia, Hari ASEAN dan Hari Peran Lembaga Terkait.

“Mengangkat daya saing, itulah tema di hari pertama. Bagaimana kita jangan berfikir the best, ternyata banyak hal yang menjadi kekurangan, atau justru kita masih merasa belum siap, ternyata justru sudah diperhitungkan atau menjadi rujukan bagi pasar regional. Jadi, di hari pertama kita lebih fokus melihat posisi kita,” ujar Ula dalam Talk Show di Jakarta Selatan, Kamis (14/5/2015).

Mengenai diferensiasi Pameran Dan Edukasi Produk Ekonomi Kreatif, selengkapnya menurut Ula ada tiga hal, pertama adanya Klinik Konsultansi Bisnis. Menurutnya filosofi dari klinik adalah memecahkan persoalan yang dihadapi. Dengan adanya layanan klinik ini diharapkan beberap persoalan mikro dalam pengelolaan usaha dapat dipecahkan, sembari menjelaskan diferensiasi lainnya.

“Hal yang menarik lainnya dari event ini adalah tim kurator kita punya pengalaman di bidangnya, sehingga stand yang dihadirkan menampilkan sesuatu yang menarik, dan mendapatkan pengakuan dari pengunjung. Diferensiasi lainnya adalah dengan menghadirkan Ketua DPR RI dan anggota DPR lainnya yang ikut aktif dalam Talk Show, ikut mendengarkan dan melihat langsung, sehingga mereka mereka dapat faham apa yang harus mereka perjuangkan dalam politik anggaran yang tentunya memihak kepada UKM,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Utama Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir KUKM, Kemas Danial mengajak khususnya kepada pengusaha perempuan untuk mempersiapkan diri menghadapi pasar MEA 2015.

“Saya besedia menjadi mentor bagi para pengusaha perempuan dan memberikan asistensi mulai dari identifikasi masalah dalam menjalankan usaha sampai menyusun proposal usaha yang profesional dan memfasilitasi pembiayaan. Bagi para pengsuaha yang sudah mendapatkan pembiayaan, saya dan tim bisa memantau jalannya usaha dan membantu memikirkan konsep pengembangan usahanya,” papar Kemas dalam Talk Show yang bertajuk “Meningkatkan Daya Saing UKM Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015,” ujarnya.

Selain itu, mengenai posisi peluang UKM Indonesia menghadapi MEA 2015, Ina Hagniningtyas Krisnamurthi, Direktur Kerjasama Ekonomi ASEAN Kemlu RI, mengungkapkan bahwa Indonesia harusnya lebih siap dengan apa yang dipunyai Indonesia, yaitu sumber daya alam.

“Indonesia bisa! Karena memiliki sumber daya alam yang siap dieksplorasi, Indonesia mampu bersaing!” Kata Ina.

“Masalahnya sekarang adalah sumber daya manusia yang secara kreatif, cerdas bisa memanfaatkan sumber daya alam ini,” tambahnya.

Dalam acara tersebut juga hadir Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon. Hal itu menunjukkan komitmen DPR dalam mendukung upaya-upaya kemandirian dari masyarakat, salah satunya dalam sektor informal UKM. Dalam kesempatan berkeliling meninjau beberapa stand pameran, Fadli Zon berkesempatan membeli beberapa produk UKM.

Menurutnya, ekonomi kreatif, terutama pemberdayaan dan penguatan UKM penting, mengingat sektor ini kadang terabaikan. Keberpihakan terhadap UKM diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam upaya peningkatan kualitas baik dari aspek produk, pemasaran dan packaging.

“Mengenai maraknya produk tiruan, selama produk kreatif Indonesia memiliki keunikan, akan sulit ditiru,” ujar Fadli Zon. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.