Rabu, 20 Januari 21

DPR Soroti Pendidikan di Indonesia Masih Diskriminatif

DPR Soroti Pendidikan di Indonesia Masih Diskriminatif

Jakarta, Obsessionnews – Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ir HM Ridwan Hisjam membeberkan, pendidikan di Indonesia masih cenderung diskriminatif, masih menguntungkan wilayah-wilayah tertentu, seperti wilayah Jawa, khususnya Ibu Kota DKI Jakarta.

“Saat ini masih ada diskriminasi pendidikan,” kata Ridwan Hisjam di sela-sela menghadiri kegiatan upacara bendera Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Sabtu (2/5/2015) pagi, yang dihadiri Mendikbud Anies Baswedan serta mantan Mendikbud Wardiman dan Bambang Sudibyo.

Ridwan memaparkan, diskriminasi tersebut gampang ditemukan, misalnya dalam pendistribusian buku ternyata belum menyeluruh dan tidak merata secara nasional. “Ini juga masukan buat kami agar Perpustakaan Nasional RI memperhatikan daerah-daerah yang cukup jauh dari Jakarta agar tidak terjadi diskriminasi pendistribusian buku-buku dari pusat,” tegas Pimpinan Komisi Pendidikan DPR RI.

Ia pun mencontohkan, perbandingan antara pendidikan di Jakarta dan Papua yang bagai langit dan bumi. Politisi Partai Golkar ini menemukan, di Papua masih banyak kekurangan fasilitas yang menyebabkan kualitas pendidikan pun lebih rendah dibanding Jakarta.

“Kami melihat bahwa Provinsi Papua dalam hal pendidikan termasuk yang tertinggal. Indeks yang kita lihat peringkatnya cukup rendah,” ungkap Ridwan saat sebagai Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR ke beberapa sekolah di Provinsi Papua, Jayapura, Selasa (28/4/2015) lalu. (Ars)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.