Jumat, 24 September 21

DPR Setujui Sutiyoso Jadi Kepala BIN Secara Aklamasi

DPR Setujui Sutiyoso Jadi Kepala BIN Secara Aklamasi

‎Jakarta, Obsessionnews – Anggota Komisi I DPR RI, Pramono Anung memastikan mantan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso akan disetujui oleh DPR sebagai Kepala Badan Intelijen Indonesia (BIN). Keputusan itu dilakukan secara aklamasi.

“Insya Allah, DPR menyetujui Pak Sutiyoso secara aklamasi,” ujar Pram di DPR, Selasa (30/6/2015).

Menur‎ut Pram, pelaksana uji kepatutan dan kelayakan yang berlangsung siang ini di Komisi I. Sutiyoso sudah cukup gamblang menjelaskan mengenai visi misinya sebagai calon Kepala BIN. Dan semua fraksi kata Pram, semua sepakat dan setuju dengan pencalonan Sutiyoso.

“Semua Fraksi, semuanya sepakat dan setuju dengan visi misi yang dipaparkan Pak Sutiyoso. Artinya, Pak Sutiyoso dipastikan disetujui DPR,” terangnya.

Terlebih, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini mengatakan, DPR memang tidak memiliki kewenangan untuk menolak atau menerima calon kepala BIN yang diajukan oleh Presiden. DPR sifatnya hanya memberikan pertimbangan dan masukan, sesuai dengan Undang-Undang Intelijen.

Dalam uji kepatutan dan kelayakan yang berlangsung secara tertutup itu, Pram mengungkapkan, Sutiyoso ditanya mengenai strategi penanganan konflik antar partai politik. Kemudian, persoalan konflik di Papua. Serta mengenai kesiapan Indonesia dalam menghadapi ancaman ideologi dari luar.

‎”Terakhir tentunya penambahan personel BIN karena sekarang ini era BIN sudah berubah, sudah tidak dengan cara dulu. Sekarang Cyber media itu sudah menjadi persoalan utama. Sehingga di bidang teknologi informasi media ini menjadi yang sangat penting untuk Ka BIN yang baru‎,” tandasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.