Sabtu, 4 Desember 21

Breaking News
  • No items

DPR Minta Pemerintah Tidak Impor Bawang Merah

DPR Minta Pemerintah Tidak Impor Bawang Merah
* Ilustrasi bawang merah.

Jakarta, Obsessionnews – ‎Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron meminta pemerintah tidak melakukan kebijakan untuk mengimpor bawang merah menjelang bulan Ramadhan. Menurutnya, impor hanya akan merugikan petani.

“Jangan sampai kebijakan itu justru menekan keuntungan para petani,” kata Herman Senin (30/5/2016).

Kebutuhan bawang merah jelang puasa diprediksi akan meningkat tajam, sementara pemerintah masih khawatir persediaan bawang dalam negeri tidak cukup memenuhi kebutuhan pasar, sehingga memicu impor.

Namun, Herman menyatakan, yang terpenting bagi pemerintah adalah menggenjot produktivitas bawang kepada petani. Sebab, impor bawang juga tidak bisa bertahan lama, karena bawang jenis bahan sayuran yang cepat membusuk.

“Bawang merah termasuk komoditas daya tahannya tidak panjang. Karena itu pekerjaan rumah Kementerian Pertanian bagaimana menggenjot,” ujarnya.

Politisi Demokrat juga meminta, kepada pemerintah untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasar. Sebab, biasa pada bulan Ramadhan terjadi pelonjakan harga yang begitu tinggi sehingga membebani masyarakat.

‎”Terpenting bagaimana harga di (bulan) Ramadan dan Idul Fitri ini supaya tidak terfluktuatif atau tidak meningkat pada harga yang tidak terjangkau oleh masyarakat.” tuturnya.

Saat ini memang terjadi pemahaman yang berbeda. Menteri Pertanian Arman Sulaiman menilai pasokan bawang tidak perlu impor, karena surplus. Sementara Menko Perekonomian Darmin Nasution tidak memasalahakan impor untuk menghindari pelonjakan harga di pasar. ‎(Albar, @aal_albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.